Jumat, 29 Juni 2012

YESSY YOSAPUTRA : PECAHKAN REKOR RENANG SEA GAMES


Inilah salah satu perenang Indonesia yang membuat kejutan dalam SEA Games akhir tahun lalu. Yeye, begitu perenang ini diakrabi, sukses meraih emas nomor 200 meter gaya punggung putri. Pencapaian Yeye mengakhiri paceklik emas yang dialami Indonesia selama bertahun-tahun di nomor putri. Tak hanya itu, Yeye memecahkan rekor SEA Games dengan catatan waktu 2 menit 16,07 detik, menumbangkan rekor lama yang telah dipegang selama 18 tahun 5 bulan atas nama perenang Filipina berdarah Amerika-Jepang, Akiko Thomson. Yeye juga berperan merebut medali perunggu nomor 4x200 meter estafet di ajang yang sama. Sebelumnya, Yeye telah meraih medali perak di nomor 100.000 meter Asian Beach Games di Oman (2010). 

Yessy Venisia Yosaputra, lahir di Bandung tanggal 27 Agustus 1994. Untuk mencapai prestasi seperti sekarang, putri Yohanes Yosaputra dan Sumarni  berlatih renang 3 sampai 7 jam sehari mengarungi jarak 10.000 meter di bawah bimbingan pelatih Nizarudin Nizar. Latihannyapun tak hanya di kolam renang, tapi juga di perairan bebas yang memerlukan stamina dan kekuatan lebih. Bakat berenang Yeye memang sudah nampak sejak kecil. Awalnya  bergabung dengan klub Aquarius, Bandung. Apalagi sang ayahpun mendukung penuh. Kakak Yeye, Hans, lebih dulu terjun sebagai atlet renang. 

Di luar kolam renang, Yeye tetap menekuni pelajaran di SMAK BPK 2 Penabur, Bandung. Kesibukannya sebagai atlet yang memaksa dia sering absen ke sekolah, tak membuat Yeye melupakan pelajaran. Ia selalu membawa buku pelajaran ke manapun pergi untuk dipelajari kapanpun waktu memungkinkan. Tak merasa cukup belajar sendiri, Yeyepun mengikuti pelajaran dari guru les yang diundang ke rumahnya. Di waktu senggang, Yeye juga suka melakukan hobinya yang lain, nonton. (MGH/Foto: The Jakarta Globe)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar