Senin, 25 Juni 2012

FERY MONIAGA : SANG MANTAN JUARA TINJU ASIA


Inilah salah satu legenda tinju Indonesia. Fery Egberty Moniaga, demikian nama lengkap petinju yang mengharumkan nama Indonesia di arena tinju dunia sepanjang era 70-an hingga awal 80-an. Beliau lahir di Tanjung Pinang (Kepulauan Riau), 4 September 1949. 

Sempat mendirikan sasana tinju Banteng AMI/ASMI bersama rekan-rekan sesama petinju: Syamsul Anwar, Benny Tengker, dan Frans VB, Fery juga pernah terjun ke bisnis promotor tinju setelah mundur sebagai atlet. Setelah itu ia aktif berkiprah sebagai pelatih dan pengurus beberapa organisasi serta turnamen tinju. Hingga kini, Beliau masih aktif sebagai salah seorang pengurus Persatuan Tinju Indonesia (Pertina). 

Dua 4 anaknya, 2 mewarisi bakat tinju sang ayah. Merekalah putra kedua, Arenaldo Moniaga dan putra ketiga, Dastesa Moniaga. Pak Fery sangat berharap ada diantara kedua putranya yang mengukir prestasi di arena tinju internasional. 

Kalau sedang tidak mengurus tinju, Pak Fery beristirahat bersama keluarga di rumah Beliau: Perum Masnaga Blok A Jl. Krakatau No. 150 Bekasi (Jawa Barat). Beliau juga suka menulis artikel tentang tinju dan dikirim ke majalah tentang tinju. 

Prestasi:
- Medali perunggu Asian Games VI, Bangkok (1970)
- Medali perunggu Asian Championship, Teheran (1971)
- Peringkat 5 Olimpiade Ke-19, Munich (Jerman, 1972)
- Medali emas Pesta Sukan Singapura (1973)
- Medali perunggu Asian Games, Teheran (1974)
- Medali perak Ali Jinah Cup, Karachi (Pakistan, 1976)
- Medali perunggu SEA Games IX, Kuala Lumpur (1977)
- Medali emas Pesta Sukan Singapura (1978)
- Medali perunggu French Open, Paris (1978)
- Medali emas Pesta Sukan Singapura (1979)
- Medali emas Chung Hwa Cup Taipe (1979)
- Medali emas Asian Championship, Bombay (India, 1980)
(MGH/Foto: Indopos)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar