Minggu, 24 Juni 2012

REMPAH INDONESIA DALAM KULINER EROPA




Sepuluh tahun terakhir ini makin banyak makanan Eropa yang menggunakan bahan dan bumbu dari Indonesia. Kekayaan rasa dari berbagai bumbu Indonesia memang merupakan kelebihan kuliner yang tak dimiliki bangsa-bangsa Eropa. 


Chef Vindex Tengker, Executive Chef Hotel Dharmawangsa Jakarta yang berpengalaman sebagai chef di beberapa negara Eropa menjelaskan, orang Eropa selalu mencari eksotisme rasa yang tak mereka temukan dalam makanan Eropa. Eksotisme itu mereka temukan dalam makanan kaya rempah khas Indonesia yang menyajikan kekayaan rasa yang memikat. 


Juri Master Chef Indonesia itu menambahkan, lidah orang-orang Eropa kini sudah akrab dengan lengkuas, jahe, jeruk limau, gula merah, serai, cabe merah besar, cabe merah keriting, kemiri, jinten, dan ketumbar. Mereka menyukai rasa yang unik saat masakan mereka dicampur bumbu rempah Indonesia. 


Cita rasa makanan Eropa yang cenderung seragam, menimbulkan keinginan warga Eropa untuk menikmati kuliner yang lebih kaya rasa dan aroma. Ketika 
semakin banyak orang Eropa bepergian dan mencicipi makanan Indonesia, mereka langsung menyukai kelezatan dan kekayaan cita rasa makanan kita. 


"Mereka merasakan makanan Indonesia sangat enak dan ingin makanan kita ada di negaranya, Makanya muncul ide-ide memakai jahe- serai, ketumbar, dan sebagainya dalam makanan mereka," jelas Chef Vindex yang pernah tingal bertahun-tahun di Eropa.(MGH/Foto: Mita)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar