Rabu, 13 Juni 2012

ELLYAS PICAL : JUARA DUNIA TINJU PERTAMA INDONESIA


Di tahun 1980-an, rasanya mustahil ada orang Indonesia tak kenal petinju asal Maluku ini. Elly atau Ei, demikian nama panggilan Ellyas Pical, membukukan prestasi membangggakan: juara dunia kelas terbang super versi International Boxing Federation (IBF). Gelar itu disandangnya setelah memukul KO petinju Korea Selatan, Ju Do-chun (1985). Kala itu usia Ei 25  tahun. Namanya langsung melambung, lebih-lebih ialah juara dunia tinju pertama di Indonesia. Sejak itu, jalanan pasti sunyi senyap kalau Ei bertanding. Semua orang menonton siaran langsung pertandingan Ei di TVRI, satu-satunya stasiun TV di masa itu. 

Berasal dari keluarga miskin, Ei kurang beruntung dalam pendidikan formal. Ia hanya bersekolah sampai kelas 5 SD sebelum akhirnya bekerja sebagai penyelam alam untuk membantu sang ibu, Mama Anna mencari nafkah. Kala itu, Ei kecil menyelam untuk mencari mutiara tanpa alat bantu apapun, hanya mengandalkan keahlian menyelam yang dipelajari secara otodidak dan kekuatan paru-parunya!

Pada masanya, Ei terkenal dengan kedahsyatan pukulan tangan kirinya sehingga dijuluki 'The Exocet'. Sekedar informasi, Exocet adalah misil buatan Perancis yang digunakan Argentina melawan Inggris dalam perang Falklands (1982). 

Tahun 1987, Ei dikabarkan berselisih pendapat dengan kedua manajernya, Simson Tambunan dan Anton Sihotang. Tak hanya itu, iapun bermasalah dengan para manajer sementaranya Dali Sofari dan Khairus Sahel. Akhirnya Ei memilih Melky Goeslaw sebagai manajer dan Enteng Tanamal sebagai  asisten manajernya yang baru. Keputusan yang mengejutkan, karena kedua nama terakhir terkenal sebagai seniman musik ternama tanpa latar belakang pengalaman di dunia tinju.

Ellyas Pical lahir di Saparua (Maluku) pada 24 Maret 1960. Menikah dengan dokter gigi Rina Siahaya dan dikaruniai 2 putra, Lorenly dan Matthew. Ei dan keluarga kini tinggal di Serpong, Tangerang. Sepanjang karirnya, Ei 3 kali mempertahankan gelar juara dunianya. (MGH/Foto:Felix)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar