Sabtu, 30 Juni 2012

INOVASI SEHAT DAN HALAL BAGI ANAK INDONESIA


     
     Makanan dan minuman yang baik akan mendatangkan kebaikan bagi manusia yang mengkonsumsinya. Sebaliknya menkonsumsi sembarang makanan dan minuman akan mengakibatkan kerugian. Makanan dan minuman tidak sebatas selera suka-tidak suka seperti yang dikira sebagian orang, tapi lebih dari itu merupakan sumber nutrisi bagi tubuh dan pikiran kita. Ambil contoh sederhana saja, sembarang makan kudapan tanpa tahu ‘asal usulnya’ bisa berakibat buruk bila mengandung zat-zat yang terlarang untuk dikonsumsi seperti boraks, tawas, zat pewarna tekstil, dan sebagainya. Selain itu, makanan yang mengandung zat-zat berbahaya jelas tak bernutrisi. Akibatnya jelas berdampak buruk pada kesehatan.
     Bagi umat Islam, kriteria bernutrisi saja tidak cukup,  harus ditambah dengan halal. Seperti firman Allah SWT dalam Al Qur’an surah al-Baqarah ayat 168 yang menekankan pentingnya mengkonsumsi makanan yang halal dan thayyib (baik/bergizi/menyehatkan/tidak membahayakan). Dalam ayat yang sama, Allah SWT memperingatkan manusia agar tidak mengikuti jejak setan sehingga tidak sampai terjerumus pada jurang kesesatan. Yang dimaksud tidak mengikuti jejak setan diantaranya adalah selalu berhati-hati dalam mengkonsumsi rezeki.
     Mengkonsumsi makanan dan minuman haram selain tidak memberikan manfaat bahkan membahayakan tubuh, juga menyebabkan terhalangnya doa umat Islam pada Allah SWT. Demikian pentingnya makanan dan minuman bagi tubuh, lebih-lebih bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Bagi putra-putri atau adik tercinta, tentu hanya yang terbaik yang layak kita berikan.
     Berbicara tentang makanan dan minuman untuk anak, susu berada di urutan pertama. Tidak hanya merupakan sumber nutrisi yang sangat baik bagi tumbuh kembang anak, susu juga salah satu minuman sehat yang disarankan dalam Islam. Bahkan dalam surah an-Nahl ayat 66 Allah secara khusus menjelaskan pentingnya mengkonsumsi susu, yaitu memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D. Namun dari begitu banyak merek yang tersedia di pasar, tak semua sesuai untuk anak. Proses pembuatannyapun belum tentu memenuhi standar kesehatan dan kehalalan. Padahal, seperti pesan Imam al-Ghazali, orangtua hendaknya tidak memberikan makanan syubhat (meragukan) pada anaknya karena akan merusak otak dan akhlak di kemudian hari. Jelaslah bahwa bagi umat Islam, memberi makanan (dan minuman) yang halal serta bergizi bagi anak adalah wajib hukumnya. Blog ini akan membahas tentang susu inovasi yang bernutrisi sekaligus dijamin halal. Ya, apalagi kalau bukan Frisian Flag.
     Frisian Flag dikenal sebagai susu pertumbuhan pertama di Indonesia. Frisian Flaglah yang pertama menyediakan varian susu berbeda dengan kandungan gizi yang disesuaikan dengan usia anak. Pada tahun 1998, PT Frisian Flag Indonesia memperkenalkan Frisian Flag 123 untuk balita usia 1-3 tahun dan Frisian Flag 456 untuk anak usia 4-6 tahun. Dibuat berbeda, karena memang kebutuhan gizi untuk tumbuh kembang balita usia 1-3 tahun berbeda dengan anak usia 3-6 tahun. Langkah ini kemudian diikuti produsen susu lain. Namun bukan Frisian Flag kalau tidak selalu inovatif. Tahun ini Frisian Flag kembali menawarkan inovasiterbarunya, susu pertumbuhan dengan isomaltulosa, yaitu nutrisi berbasis karbohidrat yang telah teruji secara klinis dapat memberi manfaat positif terhadap kinerja kognitif anak, terutama konsentrasi dan daya ingat. Ini merupakan yang pertama kali  di Indonesia. Tak salah kalau Frisian Flag disebut susu  inovasi.
     Seperti dicantumkan dalam Berita Press PT Frisian Flag Indonesia yang dikeluarkan Mei lalu, susupertumbuhan Frisian Flag 123 juga 456 dengan isomaltulosa tak hanya mengandung nutrisi makro berbasis susu (karbohidrat, protein, dan lemak) untuk pertumbuhan anak, Frisian Flag juga mengandung nutrisi mikro yaitu ALA/LA asam lemak esensial yang berguna bagi pembentukan sel otak, Kolin sebagai pembentuk fosfatidilkolin (bagian penting dari membran sel), Prebiotik Inulin untuk mempertahankan fungsi saluran cerna, vitamin C dan E yang berguna sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas, juga kalsium dan vitamin D3 yang sangat baik untuk membentuk dan mempertahankan kepadatan tulang serta gigi. Wow, lengkap sekali! Ya iyalah, sebagai produsen susu anak terlama yang telah berpengalaman 90 tahun, Frisian Flag tentu tahu benar kebutuhan anak-anak Indonesia.
     Lebih lanjut, Frisian Flag telah mengadakan uji klinis untuk membuktikan manfaat roduknya, dengan menggandeng Unit Riset Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Hasilnya seperti dikemukakan Dr. dr Rini Sekartini, peneliti utama Tim Isomaltulosa, anak yang mengkonsumsi isomaltulosa mampu mempertahankan konsentrasi dan daya ingatnya hingga 3 jam, sangat berbeda dengan kondisi anak yang tidak mengkonsumsi susu dengan isomaltulosa. Tak hanya itu, isomaltulosa juga terbukti mampu memberi energi yang lebih lama.
     Bagaimana dengan kehalalannya? Jelas tak perlu diragukan lagi, karena Frisian Flag telah mendapat sertifikasi halal dari Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI). Jadi semua bahan serta proses pembuatan susu pertumbuhan Frisian Flag sudah terbukti dan dijamin kehalalannya. Nah, kalau ada yang halalan thayyiban (halal dan menyehatkan), kenapa memilih yang meragukan?(MGH/Foto: Mayamaya)

Referensi:
-          bimasislam.kemenag.go.id
-          Berita Pers PT Frisian Flag Indonesia tanggal 28 Mei 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar