Senin, 04 Juni 2012

ELIZABETH : "ORANG INDONESIA MESTINYA MALU....."

Semakin rendahnya minat generasi muda Indonesia mempelajari budaya tradisional berbanding terbalik dengan minat orang asing terhadap budaya kita yang justru semakin meningkat. Salah satu contoh nyata bisa dilihat di Malang, kota kecil yang sejuk dan asri di Jawa Timur.  Di Tumpang, salah satu kawasan di Malang, ada sebuah padepokan seni bernama 'Mangun Sari.' Istimewanya, padepokan seni ini didirikan dan dipimpin Elizabeth, wanita Amerika bergelar Doktor.

Awal perkenalan Elizabeth dengan budaya Jawa terjadi saat ia datang ke Malang beberapa tahun lalu untuk penelitian desertasinya. Ia memang memilih budaya Jawa sebagai subyek penelitian untuk meraih gelar PhD. Tak hanya meneliti, Elizabeth jatuh cinta dan menekuni tari Jawa. Sukses meraih gelar PhD, Elizabeth kembali ke Malang, kali ini untuk menetap. Memilih Tumpang sebagai tempat tinggal, wanita yang lancar berbahasa Indonesia dan Jawa ini mendirikan padepokan seni 'Mangun Sari'.  Bertempat di rumahnya yang asri dan berarsitektur tradisional Jawa, Elizabeth mengajar tari tradisional Jawa pada anak-anak dan remaja Indonesia!

Melihat rendahnya minat generasi muda Indonesia menekuni budaya tradisional, Elizabeth berkomentar, "Orang Indonesia mestinya malu pada saya. Saya orang yang Amerika saja sangat cinta dan menguasai budaya tradisional Indonesia." Lebih dari itu, Elizabeth memilih tari Jawa sebagai jalan hidupnya, meski harus tinggal jauh dari negerinya. Ya, kita memang mestinya malu...(MGH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar