Sabtu, 23 Juni 2012

KAREN CARLOTTA : RAIH MEDALI DARI FOOD HOTEL ASIA DI SINGAPURA


'Chef juara', demikian cap yang dilekatkan Royco pada chef cantik ini. Bukan kebetulan, Karen adalah model iklan Royco. Dan bukan sekedar isapan jempol, karena Karen, atau biasa dipanggil KC memang peraih medali perunggu kompetisi memasak internasional yang diadakan di Singapura Food Hotel Asia kategori kue pengantin (2006) dan peringkat ke-2 kompetisi Californian Raisins (2006). Kue pengantinnya memang unik dan indah karena dihias motif batik dan ukiran Jepara. Tak heran berhasil merebut tempat ke-3 dari seratusan peserta dari berbagai negara. Tentu, rasanya juga pasti enak!

Karen Carlotta Setijono, lahir tanggal 1 Agustus 1982, sejatinya sarjana ekonomi lulusan Universitas Tarumanagara, Jakarta. Sempat bekerja di Bank Panin, KC memilih keluar karena merasa tidak cocok bekerja di bank. Minatnya sejak kecil memang memasak. Sayang, kedua orangtuanya, Aaron Suryajaya Setijono dan Charlotte Sari Dewi menginginkan KC belajar manajemen. Namun akhirnya, melihat tekad sang puti yang kuat, mereka setuju KC belajar gastronomi di Singapura. Kebetulan, kakak tertua KC juga tinggal di Singapura. Di sana, KC belajar pastry dan baking di Shatec Institute.

Lulus dari Shatec, bungsu dari 3 bersaudara ini bekerja sebagai chef di 3  restoran terkemuka Singapura: One Rochester, One Twenty Six, dan One Caramel (2007-2009). Posisi terakhirnya Executive Pastry Chef. Tak tanggung-tanggung, setiap hari kecuali Minggu, KC sudah ada di restoran mulai pukul 6 pagi hingga pukul 11 malam! Saat KC pulang ke Indonesia menghadiri pernikahan kakaknya, KC dilarang kembali ke Singapura oleh orangtuanya yang khawatir melihat kesibukan sang putri yan ekstra padat. 

KC memiliki kekhasan, suka membuat makanan berbentuk unik. saat ibunya berulang tahun misalnya, LC membuat kue ulang tahun berbentuk sepatu berhak tinggi bertuliskan nama sang ibu. Sementara saat kekasihnya, chef Andhika Maxi berulang tahun, KC membuat kue prototipe Maxi (nama panggilan Andhika Maxi).

Kini, KC mengelola AMKC Food Concept, restoran yang didirikan bersama kekasihnya. Mereka berdua juga bahu membahu menjadi koki untuk private dining berbagai perusahaan, sosialita, dan pejabat. Berdua pula mereka pernah membintangi iklan salah satu merek mobil Jepang. KC juga sibuk tampil dalam berbagai acara masak memasak di TV maupun berbagai acara off air. Sebagai chef, wanita mungil ini juga berharap resep-resepnya bisa mudah dipraktekkan oleh siapapun. 

"Bagi saya, seorang koki harus bisa membagi ilmunya kepada orang lain," kata KC. Tentu saja, yang dimaksud KC tidak termasuk resep menu AMKC Food Concept.(MGH/ Foto: Koleksi pribadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar