Senin, 30 Juni 2014

JESSICA MAUBOY : TAK PERNAH JAUH DARI INDONESIA



Penyanyi top Australia ini punya darah Indonesia dari sang ayah Ferdi Mauboy yang asal NTT. Sementara sang ibu, Therese asli Aborigin dari sub suku Kuku Yalanji. Ia merintis karir musik profesional dengan mengikuti Australian Idol 2006 dan berhasil menjadi juara ke-2. Sejak itu karir musiknya makin menanjak baik secara komersial maupu kualitas. Sukses di bidang musik dibuktikan tak hanya dengan jumlah penjualan album dan single namun juga dikantonginya 2 ARIA Music Awards. Namanya ada di urutan ke-16 dari daftar 100 Penyanyi Terhebat Australia Sepanjang Masa versi Herald Sun. Tapi tak hanya menyanyi, iapun gape menulis lagu dan bermain piano.

Sukses sebagai penyanyi, Jess, begitu gadis berkulit coklat ini disapa, merambah dunia seni peran dengan membintangi film Bran Nue Dae (2010). Dan, lagi-lagi sukses! Ia bahkan menyabet penghargaan AACTA Award sebagai aktris pemeran pembantu terbaik lewat film The Sapphires (2012) yang mendapat perhatian luas dari para kritikus. Berkat kesuksesannya di dunia hiburan Australia pula Jess mendapat kesempatan mengunjungi negeri asal sang ayah, Indonesia (2008).

Meski lahir dan tumbuh di negeri orang, Jess sebenarnya tak pernah jauh dari Indonesia. Pasalnya ia lahir dan tinggal di daerah pemukiman komunitas Indonesia di Darwin. Bahkan hingga kini keluarga Mauboy masih tinggal di sana walaupun Jess telah berkarir sebagai bintang di Sydney. Selain penampilannya yang lebih glam saat di panggung, tidak ada yang berubah dari Jess. Bahkan kekasihnya masih tetap yang sama sejak di bangku SMA.

Lahir dengan nama Jessica Hilda Mauboy pada 4 Agustus 1989 sebagai bungsu dari 5 bersaudara keluarga sederhana, Jess tetap peduli pada kaum kurang beruntung di tengah kejayaannya sekarang. Ia dikenal murah hati dan ringan tangan untuk berbagai kegiatan sosial terutama untuk kaum Aborigin yang memang termarginalkan di Australia. Jess antara lain membuat cat kuku yang hasil penjualan sepenuhnya disumbangkan. Alumna Sanderson High School ini juga aktif sebagai duta untuk sekolah anak-anak Aborigin Yipirinya School Council. Masih banyak kegiatan sosial lain yang dilakukan Jess untuk membantu sesama. Jess memang joss!

Lebih lengkap tentang Jessica Mauboy ada di jessicamauboy.com.au atau sapa di twitternya @jessicamauboy. Hanya saja, Jess jarang banget buka twitter. (MGH/Foto:Fan Page)

1 komentar: