Minggu, 29 Juni 2014

MARIBETH : 23 TAHUN BERJUANG DEMI WNI


Sahabat yang berumur 30-an mungkin masih ingat lagu Denpasar Moon dari penyanyi Filipina Maribeth yang sangat populer di awal 90-an. Saking populernya, album Alone Against The World yang memuat Denpasar Moon ludes di semua toko kaset! Tak hanya itu, lagu ini direkam ulang dalam berbagai versi dengan penyanyi berbeda. Hebatnya bukan hanya penyanyi Indonesia yang menyanyikan ulang lagu ini tapi juga penyanyi Malaysia dan Jepang!  Sampai-sampai ada sinetron dengan judul yang sama dan menghadirkan Maribeth sebagai bintang tamu. 

Kesuksesan besar ini membawa Maribeth ke Indonesia. Keramahan dan kehangatan yang tulus dari orang-orang Indonesia yang baru ditemuinya rupanya sangat menyentuh Maribeth. Iapun mantap memutuskan masuk WNI apapun konsekuensinya. Padahal awalnya Maribeth tidak tahu banyak tentang Indonesia. Bahkan waktu diberi lagu Denpasar Moon ciptaan musisi Inggris Colin Bass (kemudian berganti nama menjadi Sabah Habas Mustapha), Maribeth tidak tahu artinya. Selain Denpasar Moon, Maribeth juga bertutur tentang keindahan Indonesia lewat lagu Borobudur. Iapun  memilih penyanyi Indonesia, Michael Hutagalung untuk berduet di lagu Love Duet pada album keduanya, Borobudur. 

Maribeth Pascua nama lengkapnya, adalah pemenang Voice of Asia 1991. Menyusul kemenangan itu, Maribeth rekaman album Alone Against The World di Jepang dan Inggris dengan melibatkan musisi dari kedua negara. Seperti juga Sabah sang pencipta Denpasar Moon, hati Maribethpun tertambat pada Indonesia. Tanpa lelah Maribeth terus berjuang agar bisa mendapat kewarganegaraan Indonesia. Tak hanya berurusan dengan rumitnya birokrasi, Maribeth sempat menjadi korban penipuan calo hingga merugi puluhan juta rupiah. 

Perjuangan Maribeth yang tak kenal lelah untuk mendapatkan surat kewarganegaraan Indonesia  selama bertahun-tahun rupanya membuat iba salah seorang petugas imigrasi. Sang petugas menyarankan agar Maribeth menikah dengan pria Indonesia agar proses masuk WNI lebih lancar. Kebetulan wanita ramah kelahiran Bayombong, Nueva Vizcaya (Filipina), 14 Januari 1972 ini memang mengidolakan pria Indonesia. Maribeth dikabarkan pernah menjalin asmara dengan Gunawan dan Steven Rumangkang. Nama terakhir kini suami aktris Angel Karamoy. 

Bertahun berjuang tanpa hasil, Maribeth sempat dilanda putus asa dan lelah luar biasa. Tahun 2004 wanita ini menyerah dan memutuskan pulang ke Filipina. Di negeri kelahirannya, ia membuka usaha tempat hiburan. Kenyataan, cintanya pada Indonesia mengalahkan segalanya. Apalagi keluarganya di Filipina sangat mendukung Maribeth tinggal di Indonesia. Selama Maribeth di Indonesia, keluarganya memang sering berkunjung  dan ikut jatuh hati pada Negeri Bhinneka Tunggal Ika ini. Mudah ditebak, Maribeth akhirnya kembali ke Indonesia hingga hari ini. Punya banyak teman orang Indonesia membuatnya kerasan tinggal di Indonesia dan memberi semangat untuk kembali berjuang menjadi WNI. 

Kini, 23 tahun sudah wanita yang hingga kini memilih melajang ini berjuang mendapatkan kewarganegaraan Indonesia. Ia juga pernah mewakili Indonesia dalam satu festival musik internasional. Lidahnyapun sudah sangat fasih berbahasa Indonesia. Tetap, status WNI tak kunjung didapatnya. Namun Maribeth terus berjuang. Tiga tahun lalu Maribeth sempat membintangi film 'Simfoni Luar Biasa' bersama penyanyi Filipina Christian Bautista. Film ini edar di Indonesia dan Filipina. Namun tak banyak lagi aktivitasnya di dunia hiburan. Hanya sesekali ia tampil menyanyi untuk komunitasnya. Tetap ia memilih tinggal di Indonesia meskipun untuk merilis ulang album lamanya saja ia tak lagi mempunyai cukup dana. Namun cintanya yang begitu dalam membuat Maribeth terus bertahan di Indonesia dan berjuang menjadi WNI. 

"Saya amat cinta Indonesia. Ini negara kedua saya. Saya ingin sampai mati di Indonesia,"tegasnya dengan wajah serius dalam beberapa kesempatan. Semoga perjuangan Maribeth segera berakhir bahagia.
(MGH/Foto: Koleksi Pribadi)

2 komentar:

  1. Kalau ada yg punya akses ke Mery beth tolong sampaikan. InsyaAllah saya bisa bantu Mery jd WNI.

    BalasHapus
  2. Sehat terus ya aku salah 1 fans berat kamu di indonesia..mery beth yang cantik?

    BalasHapus