Minggu, 08 Juni 2014

ALDY LUKMAN : KETAGIHAN NAIK PODIUM


Hari ini kita berkenalan dengan salah satu olahragawan andalan Indonesia, utamanya di cabang wushu. Aldy Lukman, pemuda asal Medan ini telah cukup banyak mengoleksi medali dari berbagai kejuaraan internasional. Uniknya, tak seperti kebanyakan olahragawan lain yang menekuni olahraga karena dorongan orangtua atau lingkungan, Aldy justru memutuskan belajar wushu setelah menonton aksi sang legenda kungfu Bruce Lee di TV. Ia merasa cocok belajar wushu karena mengaku tidak bisa diam. Jadilah Aldy mulai belajar wushu di usia 12 tahun.

Setelah meraih gelar juara untuk pertama kalinya, Aldy mengaku ketagihan naik podium. Apalagi kalau gelar juara berhasil diraih dan mengumandangkan Indonesia Raya, rasa bangga dan puasnya tak terhingga. "Ada 2 hal yang membuat lagu kebangsaan dikumandangkan. Pertama saat kunjungan presiden. Kedua, saat kemenangan atlet," tuturnya bangga. 

Karena ketagihan naik podium pula ia terus giat berlatih meskipun gelar juara telah di tangan. Aldy berlatih di padepokan Yayasan Kusuma Wushu Indonesia (YKWI) setiap hari Senin-Sabtu pukul 9.00-11.00 di pagi hari dan lanjut di sore hari pukul 15.00-17.00

Dilahirkan di Medan pada September 1988 dari pasangan Lo Khiun Jan dan Ng Suk Fong, Aldy sudah menuntaskan kuliahnya dari IT & B. Berbeda dengan kebanyakan anak muda, Aldy tidak suka Twitter-an. Soal kunci kesuksesannya, pemeluk agama Buddha ini mengaku ada pesan sang pelatih Supandi Kusuma yang selalu diingatnya, "Sebelum bertanding kalahkan diri sendiri dulu, baru bisa mengalahkan orang lain."

Prestasi:
- Medali perak China Open
- Medali perak China Open
- Medali emas Hongkong Open
- Medali emas Hongkong Open
- Medali emas Hongkong Open
- Medali emas nomor changquan SEA Games Vientiane 2009
- Medali perak nomor pedang SEA Games Vientiane 2009
- Medali emas nomor changquan SEA Games Palembang 2011
(MGH/Foto: Koleksi Pribadi)

1 komentar: