Rabu, 04 Juni 2014

ARIO BAYU : KETAMPANANNYA DIAKUI JOAN CHEN


Menyusul beberapa pemain film Indonesia yang telah berkiprah di tataran internasional, karir Ario Bayu di tingkat dunia tampak sangat menjanjikan. Tahun lalu saja 2 film internasional dibintanginya:  Serangoon Road produksi Australia yang ditayangkan HBO Asia dan Java Heat produksi Amerika Serikat. Dalam kedua film itu, Ario bermain bersama nama-nama besar kaliber dunia seperti Joan Chen dan Mickey Rourke. Ario berakting bersama Joan Chen, Chin Han, dan Rachael Blake dalam Serangoon Road yang berlatar belakang sejarah Singapura. Sementara di Java Heat, Ario dipertemukan dengan aktor senior kaliber Oscar, Mickey Rourke. Sebelumnya, akting Ario telah diakrabi penonton HBO Asia lewat film indie produksi Indonesia, Dead Mine.

Ario terbilang beruntung. Pertama berakting di film internasional dalam Serangoon Road, ia langsung dijajarkan dengan aktor dan aktris internasional yang lebih senior, diantaranya aktris dan sutradara Hollywood Joan Chen yang melontarkan pujian khusus untuk Ario dalam satu wawancara,"Ario berwajah rupawan, punya semangat yang bagus, dan saya rasa ia akan berkembang lebih jauh."

Lahir dengan nama Ario Bayu Wicaksono di Jakarta tanggal 6 Februari 1985. Kedua orangtuanya berasal dari Jawa Tengah. Tidak lama, orangtuanya membawa Ario kecil pindah ke kota Hamilton (Selandia Baru) karena sang ayah melanjutkan pendidikan di sana. Tak hanya kuliah, sang ayah kemudian berbisnis di Selandia Baru hingga keterusan tinggal di sana hingga kini. 

Ario sendiri mulai menaruh minat pada musik dan drama sejak remaja. Sebaliknya, ia tak menyukai pelajaran ilmu pasti dan berhitung. Ia bahkan sempat membentuk band beraliran punk. Keyakinannya untuk terjun total ke dunia seni peran muncul ketika ia memenangkan kontes pencarian bakat Young Talented Shakespeare yang diikuti 4200 peserta dari seluruh Selandia Baru. Ario menang dan dikirim ke Inggris untuk mengikuti pelatihan drama selama 2 bulan. Yakin pada bakatnya, Ario memilih tak melanjutkan kuliah setelah lulus dari Hillcrest High School. Ia memutuskan pulang ke Indonesia untuk merintis karis sebagai aktor (2004). Sementara orangtua dan adiknya tetap di Selandia Baru.

Meski berbekal bakat dan gelar juara pencarian bakat di luar negeri, Ario tak langsung bisa mendapat peran di film Nasional. Dikaruniai wajah tampan dengan tinggi 183 cm, Ario justru lebih dulu menembus dunia modelling Indonesia. Laris sebagai model majalah, barulah ia dilirik para produser film Nasional  hingga kemudian sukses menembus perfilman internasional. Di luar dunia peran, Ario dikenal mudah berteman, ramah, dan baik hati. Beberapa diantara temannya bahkan mengatakan, Ario adalah salah satu orang terbaik yang pernah mereka kenal. 

Meski karir internasionalnya semakin mulus, Ario menyimpan keinginan melanjutkan kuliah perfilman di Australia. Oh ya, buat yang belum nonton, Ario berperan sebagai Lieutenant Hashim dalam Java Heat dan Inspector Amran dalam Serangoon Road. Si murah senyum yang bersahabat dengan Joe Taslim ini bisa dikontak lewat twitternya @bayu_ario dan Instagram: bayu_ario.(MGH/Foto: Michelle Hendra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar