Selasa, 10 Juni 2014

HANS H. YOSAPUTRA : PRESTASI RENANG BERKAT ASMA


Dikenal sebagai perenang dengan prestasi internasional, tak banyak yang tahu Hans pernah menderita penyakit asma. Karena penyakit itu pula sang ayah, Yohanes Yosaputra,  memasukkan Hans ke klub renang. Melampaui harapan, Hans bukan hanya berhasil mengalahkan asmanya, prestasi internasional di bidang renangpun di genggaman. 

Lahir dengan nama Hans Hafner Yosaputra di Jakarta tanggal 27 Juli 1987, ialah sulung  sekaligus satu-satunya pria dari 3 bersaudara. Kedua adiknya, Yuliana dan Yessy juga menekuni renang. Si bungsu Yessy bahkan hingga kini pemegang rekor renang 200 m gaya punggung putri SEA Games. Prestasi membangggakan perenang bersaudara ini tentu tak lepas dari dukungan Yohanes dan Sumarni kedua orangtua mereka yang telah memasukkan anak-anaknya ke klub renang sejak masih kecil. Apalagi, Yessy mengaku termotivasi Hans yang tekah lebih dulu berlatih di klub renang. Setelah menjadi perenang nasional, Hans dan Yessy mengaku saling memotivasi hingga bisa seperti sekarang. Inilah yang antara lain terjadi saat SEA Games 2011 lalu. Melihat Yessy meraih medali emas sekaligus memecahkan rekor SEA Games, Hans semakin termotivasi hingga mencapai sukses yang sama: medali emas sekaligus memecahkan rekor lama SEA Games atas namanya sendiri yang dicapai 2 tahun sebelumnya di Laos. 

Hans kini tinggal di Bandung bersama istri dan kedua anaknya. Di luar aktivitasnya sebagai perenang, Hans menikmati musik R & B, membaca komik, menonton film laga, dan tentunya merawat kedua buah hatinya bersama sang istri tercinta. Apalagi si bungsu yang baru lahir bulan Maret lalu makin hari makin lucu. 

Prestasi:
- Medali perunggu nomor 1500 m Asian Fin Swimming Championships Shadong (RRC) 2008
- Medali emas renang sirip nomor 800 m surface putra SEA Games Vientiane 2009
- Medali emas renang sirip nomor 800 m surface putra SEA Games Palembang 2011
- Rekor renang sirip nomor 800 m surface putra SEA Games Palembang 2011 (6 menit 44,41 detik)
- Medali perunggu nomor 1500 m surface Asian Fin Swimming Championships Vietnam 2012
(MGH/Foto: Koleksi Pribadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar