Jumat, 20 Juni 2014

ERLINAWATI : ASAL INDONESIA JUARA!

Erlinawati (kadang ditulis dengan Erlinawati Ch) yang biasa disapa Elly adalah olahragawati cabang menembak yang tergolong senior. Sudah sangat sering ia mewakili Indonesia di berbagai turnamen menembak internasional. Wanita bernama lengkap Erlinawati Chalid ini adalah pemegang medali emas menembak nomor 50 m rifle prone perorangan putri SEA Games Vientiane 2009. Dari ajang yang sama, Elly juga membawa pulang medali perak beregu putri untuk nomor 50 m rifle prone bersama Maharani Ardy dan Rachma Saraswati. Prestasi ini jelas peningkatan dari SEA Games 2007 di Muangthai kala Elly meraih 2 perunggu dari nomor yang sama. Bedanya di Muangthai Elly tampil trio dengan Yossheefin Shilla Prasasti dan Inca Ferry di nomor beregu. Berbeda dengan olahragawan cabang menembak yang umumnya anggota TNI atau Polri, Elly adalah karyawati swasta di Riau. 

Selain prestasi yang membanggakan, Elly mempunyai jiwa nasionalis dan jiwa besar yang patut diacungi jempol. Ambil contoh saat mengikuti Kejuaraan Menembak se-Asia Tenggara yang diadakan di Malaysia 2 tahun lalu. Elly berangkat atas biaya sendiri karena Indonesia memang tidak mengirim wakilnya bertanding di ajang tersebut. Atas izin Perbakin (induk organisasi olahraga menembak Indonesia), Elly bernagkat ke ajang tersebut meski harus menanggung sendiri seluruh biaya. hasilnya, Elly berhasil mempersembahkan medali perak untuk Indonesia, hanya kalah 2 poin dari penembak tuan rumah. 

Contoh lain terlihat di SEA Games Palembang 2011 saat yuniornya, Maharani Ardy, berhasil meraih medali emas nomor 50 m rifle prone putri, nomor yang pada SEA Games sebelumnya dijuarai Elly. Tidak ada rasa kecewa atau sedih, Elly tetap bersyukur medali emas dimenangkan Indonesia. Baginya, tak masalah siapa yang meraih medali emas asal Indonesia juaranya! Sungguh, nasionalisme dan sportivitas yang layak dijadikan teladan. 

Prestasi:
- Medali perunggu nomor 50 m rifle prone perorangan putri SEA Games Muangthai 2007
- Medali perunggu nomor 50 m rifle prone beregu putri SEA Games Muangthai 2007
- Medali emas nomor 50 m rifle prone perorangan putri SEA Games Vientiane 2009
- Medali perak nomor 50 m rifle prone beregu putri SEA Games Vientiane 2009
- Medali perak Kejuaraan Menembak Asia Tenggara (SEASA) Malaysia 2012
(MGH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar