Sabtu, 19 Mei 2012

MOCCA BERNYANYI DI SERIAL KOREA



Di tengah serangan hallyu yang membawa demam Korea pada sebagian remaja kita, tak banyak diberitakan pers Indonesia bahwa salah satu band asal Bandung, Mocca justru telah menembus Korea. Ya, album mereka telah dirilis label Korea, Jepang, Malaysia, dan Singapura. Bahkan di Jepang dan Korea, mereka mempunyai basis penggemar yang besar. 5 lagu mereka bahkan menjadi jingle iklan dan ilustrasi musik film layar lebar maupun serial TV Korea, diantaranya Flower Boy Ramyun Shop dan Bandhobi. Mocca bahkan pernah diundang tampil di acara Chocolate, sebuah talkshow ala Oprah Winfrey Show di TV Korea. Merekapun pernah konser tunggal di Korea dengan disaksikan warga asli Korea. Tampil di TV setempat, sudah sering pula. 

Mocca beranggotakan Arina Ephipania (vokal & suling), Ahmad Pratama (bas), Indra Massad (drum), dan Riko Prayitno (gitar). Mereka berempat adalah teman sekampus di Institut Teknologi Nasional. Bahkan Toma dan Indra telah bersahabat karib sejak SMA hingga dijuluki Batman & Robin saking tak terpisahkannya. Uniknya, tanggal pernikahan merekapun hanya berjarak seminggu! Asyik dong, bisa tukeran kado hehehe...


Mengawali karir musikal di jalur indie sejak tahun 1999, mereka menandatangani kontrak dengan label Jepang Excellent Records di tahun 2003 dan meluncurkan singel Twist Me Around yang diedarkan di Jepang. 


Tahun 2005 mereka kembali menandatangani kontrak dengan label rekaman asing, kali ini Fruits Records dari Singapura. Pada tahun yang sama, mereka menggelar konser di Espalanade, Singapura. Hingga kini, album Mocca telah dipasarkan di Muangthai, Hongkong, Taiwan, Singapura, Jepang, Korea, Swedia, dan Italia. 


Sayang, mulai tahun ini, mereka memutuskan vakum meskipun membantah bubar. Pasalnya, masing0masing personil sibuk dengan urusan masing-masing. Indra sibuk dengan proyek interior, Toma memilih fokus ke dunia pemasaran (entah pemasaran apa), sedangkan Riko dengan asyik-asyiknya menggarap proyek Trianglenya. Bagaimana dengan sang vokalis yang bersuara lembut, Arina? Diapun sibuk, sibuk  mempersiapkan pernikahannya di Amerika Serikat, pasalnya sang calon suami yang memang warga sana.  Namun, Arina menegaskan akan kembali ke Indonesia karena sangat mencintai Indonesia. Apalagi pesta pernikahan adat Batak  akan digelar di Danau Toba, Sumatera Utara. (MGH/Foto:Koleksi Pribadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar