Jumat, 18 Mei 2012

DI SINILAH PAUL MCCARTNEY SUKA BELI GADO-GADO...



Meski kurang dipromosikan, makanan Indonesia pelan-pelan mulai go international.  Makin banyak restoran masakan Indonesia yang didirikan orang-orang Indonesia di luar negeri. Hebatnya, makin banyak warga setempat yang mencicipi dan bahkan menjadi pelanggan tetap. 

Tengok saja Nusa Dua Restaurant di 11-12 Dean Street, Soho, London. Didirikan pada tahun 1995 oleh pasangan suami-istri asal Indonesia yang telah puluhan tahun tinggal di London, Firdaus Ahmad dan Usya Soeharjono, mayoritas pengunjungnya justru warga pribumi Inggris alias para bule. Padahal restoran ini menawarkan masakan Indonesia dengan rasa otentik, tanpa kompromi dengan selera setempat. Bahkan rasa pedasnyapun otentik dengan masakan di Indonesia! Nama masakan juga ditulis tetap dalam bahasa Indonesia. Di sini, rendang merupakan menu favorit para pelanggan. 

Sederet pesohor Inggrispun termasuk daftar pelanggan tetap restoran ini. Sebut saja Paul McCartney yang doyan gado-gado, Sade yang menggemari sambal terung dengan teri kacang, Jason Donovan yang penikmat ayam bawang putih, atau Will Young yang suka makan iga kambing panggang pakai kecap. Oh ya, Simon Cowell sang mantan juri American Idol yang (sok) galak dan Boy George sang biduan cantik itu juga pelanggan Nusa Dua lho. 

Usya mengakui kurangnya promosi makanan Indonesia. Upaya yang dilakukan sporadis dan diprakarsai perorangan. Meski demikian, melihat respon warga pribumi London terhadap makanan Indonesia, Usya menegaskan siap membuka cabang-cabang Nusa Dua di London apabila ada ada investor yang bersedia bekerja sama. Tak hanya menjual makanan, Usya sering menceritakan tentang Indonesia pada para pelanggannya. Hasilnya, tak sedikit yang penasaran dan tertarik mengunjungi Indonesia secara langsung.(MGH/Foto:www.artsthread.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar