Senin, 28 Mei 2012

HARTADINATA HARIANTO : LULUS NILAI SEMPURNA DI AMERIKA

Di usianya yang belum genap 17 tahun, ia telah menamatkan SMA-nya di Bard High School Early College (BHSEC), New York,  Amerika Serikat dengan nilai sempurna: IPK 4,0!  Lebih istimewa lagi, BHSEC merupakan sekolah elit di Amerika Serikat karena sistem penyaringan yang sangat ketat. Untuk masuk ke sana, seorang pelamar tidak hanya wajib mempunyai nilai ijazah yang bagus, tapi juga lulus serangkaian tes termasuk tes essay dan matematika. Dari 6000-8000 pelamar yang mendaftar setiap tahunnya, hanya 160 siswa yang diterima. 

Sejumlah penghargaan di bidang akademispun telah dikoleksinya selama tinggal di Negeri Paman Sam. Lahir Sydney 21 April 1994 dan sempat tinggal di Surabaya hingga kelas 2 SD Ciputra, ia pindah ke Singapura. Hanya beberapa bulan di negeri Singa, dan kemudian pindah lagi ke Amerika Serikat mengikuti kedua orangtuanya hingga sekarang.

Bertahun-tahun tinggal di negara orang, Harta tetap bangga dan  fasih berbahasa Indonesia tanpa sok dicadel-cadelkan. Iapun bangga mengaku penggemar nasi goreng dan kerupuk. Di luar kegiatan akademis, Harta juga suka berolahraga, terutama catur, tenis meja, dan menembak. Soal berorganisasipun tak ketinggalan. Harta aktif di Football/Wrestling Intramural League (sejak 2008), Mentoring Program Founding Member (sejak 2009), dan Learning Center Resekarangative Founding Member (sejak 2010). Iapun sempat terpilih sebagai Director of Marketing Team (2007-2010), juga pernah aktif di NYU Joint Disease Operation Room Intern (2010) dan Ping Pong and Chess Club (2009-2010).

Lulus SMA, Harta bertekad mempelajari ilmu kedokteran di universitas. Mengapa kedokteran? Ternyata motivasinya sangat mulia. Harta ingin pulang ke Indonesia dan membangun rumah sakit bertaraf internasional yang terjangkau bagi semua kalangan, terutama kalangan tak mampu. Harta tersentuh melihat minimnya sarana kesehatan (apalagi yang layak) bagi kaum tak berpunya di Indonesia. 

"Saya lihat di Indonesia, rumah sakit yang bagus mahal-mahal, tidak terjangkau kalangan bawah. Saya ingin membangun rumah sakit yang bagus untuk kalangan bawah. Saya pasti pulang ke Indonesia setelah lulus kedokteran," janji Harta dengan nada mantap.

Penghargaan:
Math Academic Excellence   2006
National Top 2% ELA Examination   2008
Academic Gold Honor Roll   2007
Academic Gold Honor Roll   2008
Academic Excellence for Mathematic   2008
President's Education Awards Program (dari Presiden George W.Bush)   2008
(MGH/Foto:Koleksi Pribadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar