Selasa, 25 Desember 2012

NURUL INAYAH : TEMUKAN BAHAN BAKAR ALTERNATIF DARI URINE


Bersama teman sekolahnya di SMAN 10 Malang (Jawa timur), Nando Novia, dara berjilbab ini menemukan photo electro system. Ini adalah sistem yang mampu mengubah air kencing (urine) menjadi penggerak mobil, setelah digabungkan dengan tenaga matahari. Berkat temuan mereka ini, Nurul dan Nando memenangkan medali emas dalam kompetisi penemu muda sedunia, International Young Inventors Project Olympiad (IYIPO) 2012 di Georgia. 

Nurul Inayah Ba'da Maulidiyah, demikian nama lengkap putri pedagang sepeda di Pasuruan (Jawa Timur) ini. Sama seperti Nando, Nurul juga masih belajar di bangku kelas 3 SMA. Dibanding Nando yang pendiam, Nurul lebih terbuka dan lincah berbicara. Cara bicaranya tegas dan lancar, menggambarkan kecerdasan.

Nurul dan Nando menciptakan bahan bakar nan unik itu dengan memecah urine menjadi hidrogen dan menggabungkannya dengan tenaga matahari. Namun, tak semua urine bisa 'berpartisipasi dalam gerakan bahan bakar alternatif' ini. Hanya urine orang yang  sehat bisa digunakan. Urine penderita diabetes dan yang mengandung obat-obatan, tidak bisa digunakan. Karena itu, urine hewan justru lebih baik digunakan dibanding urine manusia, karena hewan hanya mengkonsumsi makanan alami. Tak heran, kualitas urine hewan lebih baik dibanding manusia.(MGH/Foto: Radar Malang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar