Rabu, 26 Desember 2012

DONNY DAMARA : AKTINGNYA HEMPASKAN ANDY LAU


Siapa tak kenal Donny Damara di tahun '90-an. Kala itu wajah tampan khas Indonesianya sangat sering terpampang di berbagai sampul majalah, halaman mode, panggung peragaan busana, iklan, hingga film-film nasional. Seiring berjalan waktu, karir Donny di dunia hiburan tampak meredup. Tapi laiknya aktor sejati, karir Donny di dunia film tak pernah mati. Prestasinya bahkan tak lagi di tingkat nasional, tapi meningkat ke kelas dunia. Awal tahun ini,  Donny dinobatkan sebagai Aktor Terbaik lewat film Lovely Man dalam 6th Asian  Film Awards di Hong Kong. Tak sembarangan, Donny melibas nama-nama besar seperti Park Hae Il (Korea), Yakusho Koji (Jepang), Andy Lau dan Chen Kung (Hong Kong) yang juga masuk nominasi. 

Donny memerankan waria dalam film Lovely Man. Dengan akting kuat para pemerannya plus cerita yang memikat, Lovely Man menuai banyak pujian para juri dan kritikus film dalam dan luar negeri. Dalam film itulah, Donny beradu akting dengan Raihaanun, istri sutradara Lovely Man,Teddy Soeriaatmadja. Yang lucu, anak Teddy dan Raihanuun yang baru berumur 3 tahun hingga kini membenci Donny karena melihat Donny sering memarahi sang ibu saat syuting Lovely Man. Teddy dan Raihanuun memang membawa anak mereka ke lokasi syuting. 

Pria mancung berkulit sawo matang ini lahir dengan nama Donny Damara Prasadhana, tanggal 12 Oktober 1966, beragama Islam. Ia adalah adik penulis terkenal, Ikke Soepomo. Donny terjun ke dunia model sejak masih kanak-kanak. Awalnya, Donny kecil dikontrak membintangi iklan TV produk mentega Blue Band. Sejak itu, sosoknya laris membintangi iklan berbagai produk, hingga mencapai puncak popularitas di tahun 1990-an sebagai aktor sekaligus model. Tak hanya model iklan dan majalah, sosok tegapnya laris sebagai peragawan karya para perancang papan atas. Sukses di dunia hiburan dan model, tak berarti mengesampingkan pendidikan formal. Terbukti, Donny juga berhasil meraih gelar sarjana dari FISIP Universitas Indonesia dengan mulus. 

Sayang, di tengah kesuksesannya dalam karir, Donny menghadapi masalah dalam kehidupan pribadi. Sang istri yang telah 16 tahun mendampingi, Vita, mengajukan gugatan cerai. Tentang ini, baik Vita maupun Donny kompak tutup mulut soal penyebab perceraian mereka. (MGH/Foto: Koleksi Pribadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar