Senin, 24 Desember 2012

NANDO NOVIA : UBAH URINE JADI BAHAN BAKAR


Remaja asal Madiun (Jawa Timur) sukses meraih medali  emas International Young Inventor Project Olympiad (IYIPO) di Georgia tahun ini berkat temuannya, Photo Electro System yang diciptakan bersama Nurul Inayah. Ini merupakan sistem yang merubah air kencing (urine) untuk menggerakkan mobil. Digabung dengan tenaga matahari, bahan bakar penemuan Nando dan Nurul bisa menggerakkan mobil dengan kecepatan 60-80 km/jam. 

Nando Novia Hari Saputra atau biasa disebut Nando Novia. Nando, demikian nama panggilannya, mendapat ide penelitiannya saat menjelajah dunia maya (browsing). Awalnya, ia mendapat informasi dari internet bahwa salah satu kandungan urine adalah hidrogen. Nandopun langsung mendapat ide penelitian karena hidrogen sedang populer sebagai penggerak mobil. Bersama rekan satu sekolahnya, Nurul, mulailah Nando melakukan penelitian. Hasilnya, berhasil dan bahkan memperoleh penghargaan internasional.

Nando, putra karyawan Perhutani, saat ini kelas 3 SMAN 10 Malang. Nando mengidolakan mantan Presiden BJ Habibie yang juga pakar aeronautika kaliber dunia. Tak heran, Nando bercita-cita melanjutkan kuliah di bidang aeronautika seperti idolanya, setelah tamat SMA tahun depan. Nando berharap penemuannya bisa dikembangkan sebagai alternatif bahan bakar. Untuk itu, Nando dan Nurul berencana memasang instalasi pengumpul urine di kamar mandi sekolah. (MGH/Foto: Radar Malang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar