Minggu, 16 Desember 2012

NOVIANA SARI : SANG DARA JUARA DUNIA ANGKAT BESI


Dara mungil asal Pringsewu (Lampung) ini telah mengukir prestasi internasional dalam olahraga angkat besi. Ialah peraih medali emas World Games (2009). Sari, begitu gadis 28 tahun ini diakrabi, mengasah bakat angkat besinya di Padepokan Gajah Lampung di Pringsewu sejak usianya 13 tahun.  Hingga kini, telah 15 tahun Sari menekuni karir sebagai atlet angkat besi. 

Sari mengakui, awal ikut berlatih angkat besi karena ajakan teman. Toh ia kemudian tertarik berlatih serius melihat kesuksesan para seniornya yang berlatih keras. Apalagi ia berasal dari keluarga sederhana. Ayahnya seorang penarik becak yang mempunyai 12 anak. Sari ingin bisa membantu memperbaiki kehidupan keluarganya. Dari situlah motivasi untuk berprestasi tumbuh kuat dalam hatinya. Tak dihiraukannya tubuhnya yang sakit-sakit setiap habis berlatih. Tekadnyapun tak goyah meski orangtuanya yang tak tega melihat sang putri berlatih 'olahraga laki-laki'. Sari tetap rajin berlatih, apalagi Imron Rosadi, sang pemilik padepokan memberi uang saku pada atlet-atletnya setiap selesai latihan. 

Kini, perjuangan Sari telah berbuah. Ia telah masuk jajaran atlet angkat besi putri kelas dunia yang berlomba di ajang-ajang internasional. Putri ke-9 pasangan Sastrodimejo dan Musinem ini juga telah mampu membantu perekonomian keluarganya. Bagi keluarganya, Sarilah yang kini menjadi tulang punggung termasuk membiayai pendidikan ke-3 adiknya. Sementara bagi bangsa, Sari adalah salah satu Srikandi muda yang mengharumkan nama Indonesia di tingkat dunia. (MGH/Foto: Koleksi Pribadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar