Selasa, 14 Agustus 2012

AYU AZHARI : AKTRIS TERBAIK SE-ASIA PASIFIK


Wanita cantik berwajah lembut ini mengharumkan Indonesia dengan merebut gelar Aktris Terbaik pada Festival Film Asia Pasifik lewat film Telegram besutan sutradara papan atas, Slamet Rahardjo (2001). Dalam film itu, Ayu berperan sebagai arwah gentayangan seorang Wanita Tuna Susila. Tahun 90-an iapun turut berperan dalam satu film kolosal Belanda, Oeroeg.

Lahir di Jakarta dengan nama Siti Khadijah pada tanggal 19 November 1969, ia mengganti namanya menjadi Ayu Azhari saat terjun ke dunia seni peran. nama Azhari jelas diambil dari sang ayah. Tapi nama Ayu dipakai karena ia tak ingin memakai nama Khadijah yang merupakan istri Rasulullah. Ayu menjelaskan, Khadijah RA  adalah wanita yang mulia. Karenanya tak pantas nama Beliau digunakan seorang pemain film yang kadang harus beradegan kurang sesuai dengan ajaran Islam. Ayu memang berlatar belakang keluarga muslim yang taat. Awal terjun ke dunia artis, Ayu harus kucing-kucingan dengan kedua orangtuanya yang tidak suka sang putri menjadi artis. Nyatanya kemudian tak hanya Ayu, namun adik-adiknya: Ibra, Rahma, dan Sarah juga terjun ke dunia hiburan. Ayu, sulung dari 6 bersaudara dari keluarga keturunan Timur Tengah. Orangtuanya berasal dari Afganishtan. Tak hanya menekuni dunia seni peran, dunia seni suara dan modelingpun dilakoninya. Bahkan beberapa tahun lalu ia sempat mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati Sukabumi namun gagal.

Melihat penampilannya yang begitu indah, orang tak akan mengira Ayu telah mempunyai 6 orang anak dari 3 pernikahannya. Pernikahan pertama dengan musisi Djody Gondokusumo membuahkan satu anak laki-laki yang kini telah dewasa, Axel. Setelah bercerai dengan Djody, Ayu menikah lagi dengan pria Finlandia, Timo Yusuf Ibrahim dan melahirkan Sean Azad, Mariam Nur Al Iman serta Sulaiman Atiq. Sayang, pernikahan dengan Timopun tak langgeng. Kini, Ayu mengarungi bahtera pernikahan dengan penyanyi rock Amerika Serikat, Mike Tramp yang di era 90-an sangat mendunia sebagai vokalis White Lion. Dengan Mike, Ayu telah dikaruniai sepasang anak, Isabelle dan Lennon. Begitu cintanya pada Ayu, Mike sampai menciptakan lagu berjudul 'Khadija', nama asli Ayu Azhari. Di luar kesibukannya sebagai artis, Ayu dan keluarganya mendirikan yayasan sosial Al Azhari.  Ayu bisa dikontak via email: ayukhadijah@gmail.com (MGH/Foto: Koleksi Pribadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar