Sabtu, 18 Agustus 2012

KEMAL JUFRI : JUARA 2 WORLD PRESS PHOTO BERKAT MERAPI


Fotografer lepas untuk sejumlah media asing ini turut mengharumkan nama Indonesia ketika merebut juara ke-2 World Press Photo kategori People In The News Stories (2011). Karyanya yang menggambarkan letusan gunung Merapi berhasil memenangkan hati Dewan Juri dan mengungguli karya-karya jurnalis foto lain dari seluruh dunia. Tak hanya itu. kemalpun telah mengoleksi sejumlah penghargaan internasional di bidang fotografi jurnalistik diantaranya Juara Photographer 2011 Contest, Newsweek Magazine Best Picture (2005), Photo of the Year Award dari US News & World Report (2000), Silver Award Newx Photography dari IFRA ,dan  juara pertama China International Press Photo Contest. 

Kemal mengawali karir di dunia jurnalistik sebagai fotografer kantor berita Perancis AFP Biro Jakarta (1996) sebelum kemudian pindah ke Asiaweek tempat ia mengabdikan diri selama lebih dari 10 tahun. Kini, Kemal bekerja mandiri sebagai fotografer lepas untuk beberapa media massa asing, diantaranya majalah terbitan Jerman Stern, Newsweek, The New York Times, Business Week, Asiaweek, dan Time . Bulan lalu ia telah meluncurkan buku kumpulan foto karyanya berjudl 'Aftermath: Indonesia in the Midst of Catatrosphes'. Hebatnya, hasil penjualan buku tersebut akan disumbangkan untuk para korban bencana.

Fotografer berusia 38 tahun ini merupakan putra wartawan senior Fikri Jufri dan telah menikah dengan Dina Purita Antonio yang juga seorang fotografer handal.(MGH/Foto: Dina P. Antonio-Jufri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar