Rabu, 22 Agustus 2012

DAMIEN DEMATRA : SENIMAN SERBA BISA BERKELAS DUNIA


Film terbarunya, 'L4 Lupus' menyabet Award of Excellence di ajang Los Angeles Movie Awards, akhir Mei lalu. Tak hanya diangkat dari buku karya Damien, film tersebut juga diproduseri, disutradai, plus ditulis skenarionya oleh Damien. Pokoknya borongan! Tahun lalu, Film karya Damien lainnya 'Si Anak Kampoeng' meraih 4 penghargaan di Los Angeles Movie Awards, film terbaik di Interculture International Film Festival di Perancis, 6 penghargaan dari American International Film Festival (AIFF) di Amerika Serikat, penghargaan dari Lucerne International Film Festival di Swiss, penghargaan dari World Kids Film Festival di India, dan beberapa pengharaan internasional lainnya. Yang juga membangggakan, Damien dan Buya Syafii Maarif diundang ke Perancis untuk memberikan workshop tentang film ini dalam rangkaian Interculture International Film Festival. Bagi yang belum sempat nonton, 'Si Anak Kampoeng' bercerita tentang masa kecil Buya Syafii Maarif. 

Tapi tak hanya itu. Pria yang hampir selalu mengenakan baju hitam di segala kesempatan ini memegang 13 rekor dunia, diantaranya sebagai pelukis tercepat di dunia, pembuat film layar lebar tercepat di dunia, dan penulis buku tertebal di dunia. Bingung dengan rekornya yang begitu beragam? Jangan heran, Damien memang dikaruniai berbagai talenta seni. Tak salah bila kini Damien menggeluti banyak profesi mulai dari sutradara, penulis, pelukis, produser film, hingga juru foto! damien telah menulis puluhan buku berbahasa Indonesia maupun Inggris. Menulis dalam Bahasa Inggris bukan sekedar gaya-gayaan buat Damien, karena karya-karya berbahasa Inggrisnya memang diterbitkan oleh penerbit di Amerika Serikat. 

Tak hanya di bidang film dan sastra, kebisaan Damien sebagai juru fotopun telah diakui secara internasional. Terbukti ia berhasil memperoleh gelar Fellowship untuk bidang Portraiture dan Art Photography dari Master Photographer Association serta meraih International Master Photographer of the Year. Sebagai pelukis, iapun sangat produktif. Salah satu lukisan karya Damien juga dikoleksi Barack Obama. Profil Damien telah dimuat di berbagai media internasional, mulai CNN, Al Jazeera TV, Time, The Wall Street Journal, ABC, NHK Japan, The Washington Post, USA Today, KBS Korea, BBC, AFP, Reuters, Los Angeles Times, Fox News, The Strait Times, NBC, Hollywood, Chicago Tribune, New York Times, Miami Herald, TV3 Malaysia, Channel News Asia. Iran TV, AP, dan banyak lagi.

Damien terkenal dengan ciri khas rambut dikuncir dan berbaju hitam polos. Boleh jadi foto di artikel ini satu-satunya kesempatan melihat seniman serba bisa ini dalam busana yang agak berwarna. Damien mempunyai hobi menulis, nonton film, dan jalan-jalan. Pas sekali kan, dengan pekerjaannya? Sebagai pribadi, Damien tetap dikenal rendah hati. 

Twitter: @damiendematra Website: www.damiendematra.com atau www.imdb.me/damiendematra Window Live Messenger: damiendematara@hotmail.com  Email: damiendematra@gmail.com (MGH/Foto: Koleksi Pribadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar