Selasa, 28 Agustus 2012

AZYUMARDI AZRA : GELAR BANGSAWAN DARI RATU INGGRIS


Siapa tak kenal Prof. DR Azyumardi Azra sebagai mantan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta (dulu IAIN Syarif Hidayatullah) dan salah seorang cendikiawan muslim Indonesia. Namun tak banyak diberitakan media Indonesia, Beliau dianugerahi gelar Commander of the Order of British Empire (CBE) oleh Ratu Elizabeth II dari Inggris Raya. CBE merupakan gelar kebangsawanan tertinggi kedua dalam hirarki monarki Inggris. Urutannya mulai dari gelar tertinggi adalah Knighthood of the Order of British Empire (KBE), CBE, Officer of the Order of British Empire (OBE), dan yang terendah: Member of the Order of British Empire (MBE). Dengan demikian, Azyumardi berhak mencantumkan gelar kebangsawanan 'Sir' di depan namanya ditambah 'CBE' di belakang namanya. 

Gelar tertinggi KBE diberikan pada para pahlawan Inggris. Prof Azyumardi dianugerahi gelar CBE karena dianggap memberi kontribusi dalam hubungan dan toleransi antar agama di dunia, terutama dalam hubungan antara Indonesia dengan Inggris. Legenda hidup sepakbola Inggris, David Beckham merupakan salah seorang yang dianugerahi gelar OBE, gelar kebangsawanan tertinggi ketiga. Yang lebih membangggakan, selama ini gelar kebangsawanan Inggris hanya dianugerahkan pada warga negara Inggris dan negara-negara persemakmuran. Di bidang akademis, Azyumardi Azra merupakan orang Asia tenggara pertama yang menjadi Professor Fellow di Universitas Melbourne (Australia) dan anggota Board of Trustees di International Islamic University Islamabad. Sekarang, selain menjadi narasumber berbagai acara diskusi on air maupun off air, ia menjabat Direktur Sekolah Pasca Sarjana UIN Syarif Hidayatullah. Peraih gelar PhD dari Columbia University (Amerika Serikat) ini telah berpengalaman sebagai Professor tau di berbagai universitas di luar negeri: mulai dari St. Anthony College (Inggris), University of Philippines (Filipina) hingga University Malaya (Malaysia). Sedangkan desertasinya diterbitkan secara simultan di Australia, Amerika Serikat, dan Belanda. 

Lahir di Lubuk Alung (Sumatera Barat), 4 Maret 1955, putra Azikar dengan Ramlah ini menikah dengan Ipah Farihah. Pasangan Azyumardi-Ipah dikaruniai 4 anak: Raushanfikri Usada, Firman El-Amny, Muhammad Subhan, dan Emily Sakinah. Di waktu senggangnya, Azyumardi gemar jogging dan nonton sepakbola. Keluarga Azyumardi tinggal di Perumahan Puri Laras II C-23, Pisangan Barat, Cirendeu Ciputat, Tangerang 15419 (Jawa Barat). Sir Azyumardi juga bisa dikontak lewat email: azyumardiazra@yahoo.com Website: www.azyumardiazra.com (MGH/Foto: Koleksi Pribadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar