Senin, 13 Agustus 2012

TILLY SOELISTYO : BERSAING DI PASAR MODE SINGAPURA HINGGA DUBAI


Kalau Sahabat suka berbelanja mode ke Singapura, pasti tak asing dengan merek Possi-tilly-ty.  Tapi mungkin Sahabat belum tahu, pemilik sekaligus perancangnya adalah Tilly Soelistyo, wanita asal Indonesia alumnus LASALLE College of the Arts Singapura. Tilly mendirikan Tilly PTE Ltd di Singapura (2009). Perusahaan inilah yang memproduksi busana berlabel Possi-tilly-ty. Sebelumnya, Tilly sempat bekerja sebagai Creative Director di Sino, London. 

Tilly memilih berkarya di Singapura karena fasilitas yang lebih menjanjikan. Pemerintah Singapura yang serius menggarap sektor kreatif termasuk mode, merangkul para perancang mode berbakat, tanpa peduli kewarganegaraannya,  dalam program terpadu yang disebut 'Parco Next NEXT'. Dalam program ini, para perancang pemula diberi fasilitas bimbingan, kesempatan mengikuti berbagai pameran dan peragaan busana, serta pengembangan bisnis. Program ini juga memberi kesempatan para perancang pemula untuk menyewa gerai di pusat perbelanjaan dengan harga murah. Setiap peserta program mendapat 2 mentor untuk membina di bidang desain dan bisnis. Tilly bercerita, mentor biasanya pelaku bisnis mode yang telah mapan. Untuk mengikuti pameran maupun peragaan busana di luar Singapura, para peserta juga mendapat subsidi pemerintah Singapura! Tak hanya itu, Tilly menuturkan, pemerintah Singapura juga memberi kemudahan bagi para perancang pemula dalam memperoleh bahan baku yang berkualitas. Kain impor untuk para perancangpun bebas pajak! Untuk semua kemudahan itu, para perancang cukup membayar iuran sebesar 500 dollar Singapura. Itulah yang membuat wanita 35 tahun ini memilih berkarya di negeri jiran. Namun semua kemudahan tadi tentu ada syaratnya: para perancang pemula harus membawa bendera Singapura dalam setiap aktivitas karyanya, termasuk saat mengikuti berbagai pameran, peragaan busana, hingga lomba.

Gerai Possi-tilly-ty ada di Bugis Street Singapura. Tapi karya-karya Tilly tak hanya bisa dibeli di Singapura, namun sudah bersaing di pasar mode bebagai negara , bahkan hingga ke Dubai, Uni Emirat Arab. Koleksi Tilly bisa dilihat di www.tillydesigns.com atau www.possitillyty.com emailnya: tilly@possitillyty.com  Ingin ketemu langsung juga bisa, tapi janjian dulu lewat nomor kantornya (65) 9692-0612. Tapi kalau telefon cuma bisa hari Senin-Sabtu jam 10.00-19.00 saja ya. Maklum, kantornya libur tiap hari Minggu.(MGH/Foto: Koleksi Pribadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar