Kamis, 29 Mei 2014

MARGARETHA HERAWATI : SETAHUN 2 GELAR JUARA DUNIA


Inilah salah satu Srikandi Indonesia yang berhasil menyandang gelar juara dunia di bidang olahraga. Margaretha Herawati yang biasa disapa Retha, menyabet gelar juara dunia renang sirip (fin swimming) putri pada tahun 2011 di RRC. Tak hanya 1, Retha langsung menyabet 2 gelar juara dunia sekaligus yaitu B-i-Fins 50 meter dan 100 meter putri. Dan tak hanya itu! Iapun pemegang rekor renang B-i-Fins 100 meter putri Asia hingga kini. Untuk mengingatkan, B-i-Fins adalah renang dengan menggunakan alat pada kaki dan snorkle. 

Menekuni olahraga renang sejak usia 4 tahun atas arahan sang ayah, kini dara penyayang binatang ini menjadi andalan Indonesia di tingkat internasional terutama untuk renang sirip. Bertinggi-berat 168 cm/65 kg, Retha lahir di Jakarta tanggal 20 Oktober 1988. Selain berenang, Retha suka main basket, nonton, dan jalan-jalan. Tapi tak hanya di kolam renang dan lapangan basket, Retha juga gemar menempa fisik di pusat kebugaran dan menjaga postur dengan pilates. 

Hebatnya, meski berprestasi tingkat dunia sebagai atlet, Retha tak melupakan pendidikan formal. Gelar Sarjana Olahraga disandangnya dari Universitas Negeri Jakarta.  Retha beragama Katholik dan dikenal ramah, ceria, serta mudah berteman. Ingin berteman, bisa kenalan lewat twitternya @dora_etha.

Prestasi:
- Medali perak Kejuaraan Asia AASF (2007)
- Medali emas Asian Indoor Games, Vietnam (2009)
- Medali emas SEA Games renang sirip nomor B-i-Fins 100 m, Laos (2009)
- Peringkat 5 dunia (2009)
- Juara dunia renang sirip nomor B-i-Fins 50 m, RRC (2011)
- Juara dunia renang sirip nomor B-i-Fins 100 m, RRC (2011)
- Rekor Asia renang sirip nomor B-i-Fins 100 m
(MGH/Foto: Koleksi Pribadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar