Jumat, 23 Mei 2014

EKO NUGROHO : ...DAN LOUIS VUITTON PUN MEMILIHNYA


Lagi-lagi seniman Indonesia membuktikan kelasnya di tingkat internasional. Rumah mode eksklusif dunia, Louis Vuitton, kembali memilih Eko Nugroho untuk merancang produk premium mereka. Terakhir, Eko diminta merancang scarf edisi khusus yang eksklusif, hanya dibuat 500 lembar dan merupakan koleksi musim gugur/dingin. Scarf ini dijual di butik Louis Vuitton dengan harga sekitar Rp. 9 juta/lembar.

Eko Nugroho, bermukim di Yogya namun punya nama internasional. ia sudah sering berpameran tunggal di berbagai museum dan galeri seni di berbagai negara Eropa, Amerika, dan Australia. Lahir di Yogyakarta tanggal 4 Juli 1977, alumnus Institut Seni Indonesia, Yogyakarta, ini menelurkan banyak kaya instalasi, video, hingga lukisan. 'Perkenalan' Louis Vuitton dengan Eko mungkin terjadi tahun 2011 ketika seniman beraliran kontemporer itu berpartisipasi dalam Transfiguration and Contemporary Mythologies pada Espace Culturel Louis Vuitton di Paris. 

Untuk scarf edisi khusus Louis Vuitton, Eko menghadirkan Indonesia  lewat gunungan grebeg, stupa candi, hingga keragaman hayati dalam motif rancangannya. Hasilnya, karya seni yang bebas kompromi pasar namun tetap mempertimbangkan aspek mode. Istimewanya, scarf rancangan Eko akan berubah tampilan bila digunakan dengan cara melipat yang berbeda. 

Meskipun makin banyak seniman Indonesia sukses berkarya di tingkat internasional, namun pandangan awam masih kurang bersahabat. Ini disadari Eko. Bagi para seniman muda yang masih merintis jalan, Eko berpesan agar terus berkarya, fokus pada pekerjaan yang didasari cinta, dan mengedepankan kedisiplinan. Jangan lupa tetap berfikir positif dan berusaha selalu menjauhi hal-hal yang akan merugikan diri sendiri. Yang menarik pendapat Eko bahwa orang sukses adalah yang selalu menghargai orang lain dan bersikap profesional dalam bekerja. Terus berkarya, apapun bentuknya dan sekecil apapun, pasti akan berguna bagi diri sendiri, dan mungkin kelak bagi bangsa dan negara. Semoga makin banyak Eko Nugroho baru yang akan muncul.(MGH/Foto: Christopher Parr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar