Rabu, 02 Januari 2013

KETUT ARSANA : PENYEMBUH PARA SELEBRITI HOLLYWOOD


Lahir sebagai anak ke-4 dari 7 bersaudara keluarga buruh tani miskin di Ubud, Ketut Arsana berhasil mengubah dirinya menjadi spiritualis bereputasi internasional. Kemampuannya sebagai penyembuh juga telah diakui internasional. Terbukti, 19 tahun lalu Arsana telah diundang ke kota pusat perfilman dunia Hollywood di Amerika Serikat. Di kota nan gemerlap itu Arsana diminta menjadi penyembuh dengan tarif konsultasi 200 dollar AS/jam. Jumlah yang cukup aduhai di masa itu. Para pasiennya jelas bukan orang sembarangan. Banyak dari mereka kalangan selebritis. Sebut saja diantaranya Mick Jagger, Richard Gere, David Bowie, hingga perancang busana papan atas Donna Karan. Toh gemerlap Hollywood tak mampu mengalahkan pesona Bali. Dua bulan di kota para bintang itu, Arsana pulang ke Pulau Dewata. Ketika kembali diundang ke Hollywood, Arsana menolak meski mengakui di sana sangat kondusif untuk mencari uang. Namun Arsana merasa Hollywood tak cocok baginya. Selain terlalu jauh dan membosankan, kehidupan serba mewah di sana justru membuat Arsana stress. 

Di Bali, pria berusia 50 tahun ini tinggal di Ubud bersama istri dan ke-3 anaknya. Selain membuka praktik penyembuh yang banyak dimintai warga asing, Arsana mengelola  Ashram Munivara dan spa tradisional 'Bodyworks'. Kebisaannya menyembuhkan berbagai penyakit secara tradisional diwarisi dari leluhurnya. Keinginannya menjadi penyembuh telah muncul sejak ia masih anak-anak karena melihat penderitaan sang ibu yang mengidap kanker. Ia ingin bisa menyembuhkan ibunya. Ketika kemudian sang ibu berpulang, Arsana bertekad akan menolong orang lain, sebanyak mungkin. Ibunya memang sangat berarti bagi Arsana. Hingga kini masih segar dalam kenangannya, bagaimana sang ibu berjuang menghidupi ke-7 anaknya dengan menjadi buruh di sawah orang. Bayarannya, hanya secangkir beras. Agar bisa dibagi pada ke-7 anaknya, wanita tangguh itu memasak secangkir beras dengan berbagai jenis akar, kemudian dibagi ke dalam 7 tempolong kelapa untuk ke-7 anaknya. 

Sebelum dikenal sebagai penyembuh berkelas dunia, Arsana bekerja sebagai guru SD. Untuk menambah penghasilan, ia berjualan krupuk dan sayur mayur di luar jam tugasnya. Keahliannya sebagai penyembuh menyebar dari mulut ke mulut. Selain banyak yang cocok, Arsana tidak pernah menolak pasien yang datang jam berapapun ataupun menentukan tarif. Apabila pasiennya tak mampu, Arsana justru memberi bekal uang transpor! Jiwa sosial inilah yang menjadikannya dikenal luas hingga ke tingkat internasional. 

Arsana bisa ditemui di Jl. Hanoman No.25, Padang Tegal, Ubud 80571 Bali. Telp. (0361) 975720/971393 atau email: info@ubudbodyworkscentre.com (MGH/Foto: Creative Guy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar