Selasa, 11 Januari 2011

UBI, TIDAK SEKEDAR KARBOHIDRAT

     
     Banyak yang mengganggap ubi sebagai makanan kelas 2, tidak bergizi, dan kurang gengsi. Ada juga yang menganggap ubi sekedar karbohidrat pengganjal perut. Faktanya, ubi mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh, bahkan bagus untuk kecantikan. Ya, betul, untuk kecantikan! 
     
     Semua jenis ubi, apapun warnanya, mengandung antosianin. Ini antioksidan yang berfungsi mencegah penuaan dini selain melindungi tubuh dari serangan kanker, penurunan kekebalan, penyakit jantung, stroke, dan katarak. Lebih spesifik, ubi yang berwarna kuning, oranye, dan ungu mengandung vitamin C, E (bagus untuk kulit nih), juga provitamin A. Yang terakhir ini akan diubah menjadi vitamin A melalui pemrosesan dalam tubuh kita. Ubi oranye juga mengandung berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan. 

     Ubi ungu bagus dikonsumsi vegetarian karena kandungan mineral zat besi yang umumnya terkandung dalam daging! Kelebihan lain, ubi ungu mempunyai warna yang indah, sehingga cantik diolah menjadi berbagai penganan tanpa perlu zat warna tambahan lagi. Tepung ubi ungu bisa dibuat sendiri di rumah dengan cara mengukus ubi ungu lalu menghaluskannya Selanjutnya, tinggal diolah menjadi penganan yang diinginkan. Bahkan, ubi baik pula untuk makanan bayi. 

     Sebagai variasi menu ubi, Serabi Indonesia membagi resep penganan dari ubi yang diunggah mulai hari ini, termasuk ubi untuk makanan bayi. Mau sehat dan rupawan secara alami? Ubi salah satu solusinya! (MGH/ Foto: indonetwork.co.id)

     

     
     



     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar