Rabu, 05 Januari 2011

EVA BUTAR-BUTAR: LEGENDA SENAM LANTAI ASIA TENGGARA

     Siapa tidak kenal Eva Butar-Butar di era 80-an. Ialah atlet senam lantai termuda di SEA Games 1985 di Muangthai yang berhasil merebut 2 medali emas, 2 perak, dan 1 perunggu. Setahun sebelumnya, Eva meraih medali emas di Sukan Sie di Singapura.

     'Kesaktian' Eva di arena senam lantai kembali dibuktikan dengan memenangkan 2 medali emas di SEA Games 1987 yang diadakan di Jakarta, dan semakin tak tertandingi dengan meraup 3 medali emas dan 1 medali perak dalam SEA Games 1989 di Kuala Lumpur, Malaysia. 


     

     Sayang, saat prestasinya semakin menanjak, Eva memutuskan mundur dari dunia senam prestasi untuk menekuni pendidikan formalnya. Tahun 1991, Eva lulus UMPTN dan masuk ITB. Semasa menjadi mahasiswa, Eva tetap mengikuti kejuaraan-kejuaraan senam lantai amatir, sekedar menyalurkan rasa cintanya pada olahraga.

     Lulus kuliah, Eva bekerja di lapangan kerja 'konvensional', jadi orang kantoran. Ternyata, memang itu bukan dunianya. Evapun meninggalkan pekerjaannya dan memilih kembali menekuni dunia senam lantai. Kini selain aktif di Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia, Eva sering didapuk menjadi juri kompetisi-kompetisi senam internasional di luar negeri. Tidak kalah penting, tetap melatih putra mungilnya yang tampak mewarisi bakat senam sang bunda. (MGH/Foto: ilikegym)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar