Selasa, 11 Januari 2011

AHMAD ATAKA AWWALUR RISQI : PENGARANG NOVEL, JAGO FISIKA

     
     Kecil-kecil cabai rawit! Biar kecil orangnya, menyengat bagai cabai rawit prestasinya. Itulah Aka (nama panggilan Ahmad Ataka), pelajar SMAN 3 Yogyakarta yang tahun lalu meraih 2 medali perak Olimpiade Fisika Internasional di Zagreb, Kroasia. Dua bulan sebelumnya (Mei 2010) di Taipei, Taiwan, Aka sukses menyabet medali perunggu ajang Olimpiade Fisika tingkat Asia.


     Di samping jago fisika, Aka suka membaca dan mengarang. Bahkan 3 novel karyanya telah diterbitkan yaitu Misteri Pedang Skinheld: Sang Pembuka Segel (2005), Misteri Pembunuhan Penggemar Harry Potter (2005), dan Misteri Pedang Skinheld II: Awal Petualangan Besar (2007). Tidak heran, sejak kecil remaja kelahiran Banyuwangi (Jawa Timur), 24 Juli 1992 ini memang suka membaca cerita detektif dan novel-novel fiksi fantasi, mulai dari Detektif Connan, serial Sherlock Holmes, Darren Shan, The Lord of The Rings, Harry Potter, Eragon, dan Abarat. 


     Tapi bukan cuma karena suka cerita detektif dan fiksi fantasi kalau Aka menulis teman-tema itu. "Anak Indonesia harus mengenal kisah-kisah lokal dari kacamata fiksi fantasi yang menarik agar mereka bisa berekspresi, berkreasi, dan berkarya sesuai warna budaya Indonesia," paparnya. Intinya, berkarya untuk Indonesia! (MGH/Foto: Koleksi Pribadi)

3 komentar: