Kamis, 27 Januari 2011

NIAL DJULIARSO : TAMPIL DI CARNEGIE HALL

     
     Satu lagi pianis Indonesia yang berjaya di luar negeri. Nial Radhitia Djuliarso, nama lengkapnya. Masih muda, lahir di Jakarta, 5 Februari 1981.  Lulus dari SMA McCallie di Tennessee Amerika Serikat tahun 1999, Nial lanjut belajar musik jazz di Berklee College of Music di Boston. Belum puas, Nial melanjutkan pendidikan S2-nya di Juilliard Music School, New York. Tetap, belajar musik jazz.

     Soal prestasi, jangan tanya lagi. Berbagai kompetisi musik internasional dimenangkannya. Sebut saja Horace Silver Jazz Piano (2003) dan USA Songwriting Competition (2005). Di ajang yang terakhir,  lagu yang ditulis Nial, 'My  Smooth One' memenangkan juara pertama untuk kategori instrumentalia.Tahun 2009, ia dipercaya menjadi juri Thailand Jazz Conference.


     Putra pengusaha Tripudjo Djuliarso dan Vera Martam ini juga telah menjelajahi berbagai panggung jazz bergengsi di banyak negara. Mulai North Sea Jazz Festival di Den Haag, Kennedy Center di Washington D.C, Montreux Jazz Festival di Swiss, Sarasota Jazz Festival di Florida, Alice Tully Hall di New York, Mosaic Music Festival di Singapura, Thailand Jazz Conference, hingga Carnegie Hall di New York! Bersama Artie Shaw Orchestra, ia juga telah menggelar konser keliling Amerika Serikat. Nialpun laris diundang tampil di berbagai klab jazz di Amerika Serikat, Malaysia, Kanada, Belanda, Rusia, Singapura, hingga Tanah Airnya: Indonesia. Apalagi, ia sudah punya kelompok musik jazz sendiri: Nial Djuliarsi Quartet.


     Tidak hanya jago bermain piano dan menulis lagu, Nial juga keren meniup saxofon. Permainan saxofon Nial bisa dinikmati antara lain di album artis jazz Jepang ,Tatsu Kisaragi, 'Lazy Bird'. Nial sendiri kini bermukim di New York, berkonsentrasi pada karir internasionalnya.(MGH/Foto: Koleksi Pribadi)




     


     


     


     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar