Selasa, 19 Maret 2013

MULYADI : PILIH MELATIH DI JEMBER


Penggemar olahraga terutama bulutangkis yang lahir sebelum era 1970-an pasti pernah merasakan bagaimana bangganya menjadi anak bangsa adi daya bulutangkis. Di era itu, Indonesia memang adi daya di cabang bulutangkis, terutama sektor putra. Di berbagai turnamen elit dunia, sering terjadi final sesama pemain putra Indonesia, baik tunggal maupun ganda. Di ajang Piala Thomas, Indonesiapun tak terbendung. Salah satu pemain bulutangkis Indonesia masa itu adalah Mulyadi yang bermain di nomor tunggal putra dan ganda putra. Namun, namanya memang lebih kencang sebagai atket tunggal putra. 

Lahir di Jember (Jawa Timur), 11 September 1941 dengan nama Ang Tjing Siang (Weng Zhenxiang). Mulyadi mengasah bakat bulutangkisnya di PB Rajawali Surabaya, klub yang juga melahirkan atlet-atlet kelas dunia seperti Rudi Hartono dan Johan Wahjudi. Sayang, ia harus mundur dari bulutangkis tahun 1972 saat prestsinya masih di puncak. Keputusan mengejutkan itu diambil Mulyadi karena ketidakpuasan terhadap kebijakan PBSI kala itu yang menetapkan semua pemain wajib mengikuti invitasi untuk menentukan tempat di tim Piala Thomas, kecuali Rudi Hartono dan duet Ade Chandra/Christian Hadinata. Setelah mundur dari bulutangkis, Mulyadi menekuni bisnis tekstil dan perbankan. Toh ia tak melupakan bulutangkis dengan mendirikan klub bulutangkis lengkap dengan gedung olahraga untuk latihan di Jember. Mulyadi bahkan turun langsung melatih. Olahraga lain yang juga digemarinya adalah bersepeda dan golf. 

Berkat prestasinya, Pemda Jatim menghadiahinya sebuah rumah di Darmawangsa I/9 Surabaya. Toh, Mulyadi memilih pulang ke kampung kelahiran yang juga kampung halaman sang istri di Jember. Mulyadi tutup usia di RS Malang tanggal 14 Maret 2010 karena demam berdarah dan komplikasi. Sebelumnya, ia sempat mendapat perawatan di salah satu rumah sakit di Jember sebelum akhirnya dirujuk ke Malang dan wafat. 

Prestasi:
- Juara Thomas Cup 1964 (bersama Tim Indonesia)
- Juara Thomas Cup 1967 (bersama Tim Indonesia)
- Juara Thomas Cup 1970 (bersama Tim Indonesia)
- Juara 2 All England 1971
(MGH/Foto: Fei Souw)

3 komentar:

  1. nice bro...arek jember kunjungi blogku
    whabibiillah.blogspot.com

    BalasHapus
  2. nice bro...arek jember kunjungi blogku
    whabibiillah.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Bapak Mulyadi adalah idola bapak sy dulu. Al hasil saya dikasih nama Mulyadi juga sm bapak saya...

    BalasHapus