Jumat, 29 Maret 2013

EUGENE PANJI : FILMNYA PALING LARIS DI FESTIVAL FILM BERLIN


Sutradara muda Indonesia Eugene Panji sukses mencuri perhatian publik dalam Festival Film Berlin (Berlin Film Festival) di Jerman lewat film Cita-Citaku Setinggi Tanah. Meski tak menyabet penghrgaan (walah masuk nominasi 5 besar), film tersebut sukses menjadi yang paling diminati pengunjung sepanjang festival berlangsung. Setiap pemutaran Cita-Citaku Setinggi Tanah, 1050 kursi yang tersedia selalu dipenuhi penonton. Prestasi yang tak mampu disamai film-film dari negara lain yang mengikuti Berlin Film Festival tahun ini. 

Cita-Citaku Setinggi Tanah bercerita tentang beberapa anak keluarga miskin di pelosok Indonesia yang berjuang mewujudkan cita-cita mereka yang sederhana. Tak perlu berbicara tentang cita-cita yang muluk, untuk mewujudkan cita-cita yang sederhanapun mereka menemui banyak kendala. Selain menyutradarai, Eugene juga memproduseri film ini.

Tak banyak yang tahu, di balik kesuksesan Cita-Citaku Setinggi Tanah di  Berlin, Eugene sempat dipusingkan dengan masalah biaya keberangkatan ke Jerman. Untuk mengumpulkan dana, Eugene kemudian menjual DVD Cita-Citaku Setinggi Tanah seharga Rp. 200.000. Untunglah, DVD laris manis dan masalah dana terpecahkan hingga Eugene dan beberapa pendukung film bisa menghadiri festival di Berlin. 

Eugene Panji lahir tanggal 29 Agustus, jebolan desain grafis Institut Kesenian Jakarta. Dari pernikahannya dengan Meilany A. Runtuwene, ia dikaruniai sepasang anak: Moby dan Sade. Di waktu luangnya, Eugene juga gemar bermain dengan London, anjing kesayangannya. Eugene bisa dikontak lewat email: eugenepanji@yahoo.com(MGH/Foto: Koleksi Pribadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar