Rabu, 20 Maret 2013

DICK SUDIRMAN : NAMANYA UNTUK PIALA INTERNASIONAL


Kalau suka bulutangkis, pasti tahu kan Sudirman Cup. Inilah piala kejuaraan beregu putra dan putri paling bergengsi di dunia dan salah satu gelar paling bergengsi untuk olahraga bulutangkis. Dari namanya, juga rancangan pialanya yang dikelililingi replika candi Borobudur, jelas bahwa piala ini didedikasikan untuk seorang putra Indonesia. Dialah Dick Sudirman, tokoh bulutangkis dunia asal Sumatera Utara.

Dick Sudirman adalah atlet bulutangkis tangguh di eranya yang kemudian aktif bekerja untuk olahraga bulutangkis di Indonesia dan dunia. Beliau lahir di Pematang Siantar (Sumatera Utara), 29 April 1922 dan wafat tanggal 10 Juni 1986. Semasa hidupnya, Beliau pernah menjabat sebagai Wakil Presiden International Badminton Federation (IBF). 

Satu yang juga membanggakan, piala Sudirman dibuat sebuah perusahaan Indonesia yang berlokasi di Bandung, Masterix. Kejuaraan Piala Sudirman yang pertamapun digelar di Jakarta (1989). Meskipun kini jumlah pesertanya mencaapai 50 negara, namun sepanjang sejarah penyelenggaraannya hanya 3 negara berhasil memboyong Piala Sudirman pulang: Indonesia, Korea, dan Cina.pernah Mungkin, Piala Sudirman adalah piala kejuaraan internasional yang paling Indonesia. (MGH/Foto: Badminton CN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar