Kamis, 07 Maret 2013

TRIE UTAMI : SUARANYA RAIH PENGHARGAAN INTERNASIONAL


Penyanyi dan pencipta lagu mungil bersuara jangkung ini telah memenangkan beberapa penghargaan internasional sebagai bukti kualitas musikalnya. Tak heran, meski ayahnya anggota militer, namun Iie, demikian ia biasa disapa, dilahirkan dalam keluarga yang musikal. Kakak sulungnya, Purwa Tjaraka, adalah musisi yang disegani di negeri ini. 

Lahir dengan nama Trie Utami Sari di Bandung, tepat tanggal 8 Januari 1968. Bungsu dari 3 bersaudara ini merupakan putri pasangan Kolonel (Purn) H. Soedjono Atmotenojo dan Hj. Soejarni Oesoep. Sejak kecil, wanita berdarah campuran Jawa-Sunda ini telah mengenal musik dari piringan hitam orang tuanya, termasuk musik klasik. Lanjut belajar piano dengan 2 saudaranya pada Alfons Becalel, seorang warga negara Hongaria dan juga di Yayasan Pusat Pendidikan Musik (YPPM) Bandung. Tak cukup, Iie juga menimba ilmu musik di Bina Mustika (1978). Dibesarkan dalam lingkungan musik yang kental, tak heran sejak TK Iie sudah gemar bernyanyi. 

Panggung musik mulai dijajalnya saat duduk di bangku SD, dengan mengikuti berbagai lomba menyanyi. Diuduk di bangku SMAN 2 Bandung, Iie mulai menyanyi di salah satu restoran di Bandung mendampingi  kakak sulungnya Purwa. saat itu, Iie tampil bergantian dengan kakak keduanya yang juga penyanyi, Thea Ika Ratna. Iie juga sempat menjadi penyiar radio Dee-Day dan Oz. Lulus SMA, Iie belajar bermain saksofon, keyboard, dan aransemen lagu di Genta Winaya Drum Corps (GWDC). Di samping itu, ia menjadi penyanyi grup Kahitna.

Iie mulai terjun sebagai profesional ketika bergabung dengan band beraliran jazz, Krakatau dan menelurkan album First Album (1986). Setelahnya, karir Iie makin melejit hingga akhirnya bersolo karir dan sukses. 

Sayangnya, kehidupan asmara Iie tak seindah karir musiknya. Pernikahannya dengan Wiwie GV yang juga musisi di tahun 1991, hanya bertahan 2 tahun. Iie kemudian menikah lagi dengan Andi Analta Baso Amir, putra tokoh Sulawesi Selatan, Andi Baso (1995). Pernikahan inipun pecah 10 tahun kemudian karena Andi Analta berpaling hati. Kini Iie telah mengayuh biduk rumah tangga kembali dengan Rully Fabrian.

Prestasi:
- Juara 2 Best Performer Asia-Pacific Broadcasting Union (ABU), Golden Kite World Song Festival, Kuala Lumpur (1990)
- Pemenang Grand Prix Cerbul de Aur,The Golden Stag International Singing Contest, Brasov, Rumania (1992)
- Juara Asia Pacific Broadcasting Union (ABU), Bangkok (1997)
(MGH/Foto:  Koleksi Pribadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar