Selasa, 05 Maret 2013

LO LIEH/JOE LEE : JUMLAH FILMNYA KALAHKAN JACKY CHAN


Penggemar film-film Hong Kong, pasti kenal atau paling tidak akrab dengan sosok Lo Lieh (Joe Lee) : model, penyanyi, dan aktor laris yang telah membintangi ratusan film. Sepanjang karirnya sejak tahun 1960-an hingga awal 2000-an, Lebih dari 200 film menampilkan sosoknya. Jumlah yang luar biasa, bahkan mengalahkan jumlah film aktor top Hong Kong lain, Jacky Chan. Tak hanya jumlah film, Lo Liehpun mampu memainkan berbagai peran, mulai protagonis hingga antagonis, peran jagoan hingga watak. Dan tak hanya berakting, iapun telah menyutradarai sejumlah film. Kalau masih asing dengan namanya, Lo Lieh biasa menggunakan nama Joe Lee untuk kepentingan pasar internasional. Nah, tahukah Sahabat kalau Lo Lieh ini sebenarnya orang Indonesia juga?

Lahir di pematang Siantar (Sumatera Utara) pada tanggal 29 Juni 1939 dengan nama Wang Lap-tat, ia meninggalkan Indonesia menuju Hong Kong untuk belajar seni peran dan bela diri (1962). Di sana pula ia bergabung dengan perusahaan film terkemuka Shaw Brothers dan mengganti namanya menjadi Lo Lieh. Film-film pertamanya antara lain: Tiger Boy, Golden Swallow, dan Twelve Deadly Coins. Di awal karirnya, Lo Lieh selalu didapuk sebagai pemegang peran protagonis. 

Awal 1970-an, Lo Lieh pindah ke perusahaan film Warner Bros dan beralih peran menjadi tokoh antagonis dalam film-filmnya. Di era ini pula karir Lo Lieh makin meroket. Diawali sukses besar film King Boxer yang menembus Amerika Serikat dan menyebarkan wabah kungfu (1972), Lo Lieh yang merupakan salah seorang pemeran film tersebut jelas kecipratan sukses. Tawaran film makin deras mengalir untuk Lo Lieh. Salah satunya, The 36th Chamber of Shaolin (sering disebut dengan judul Master Killer/Shaolin Master Killer, 1978), mengulang sukses King Boxer. Bisa dibilang, inilah salah satu film kungfu legendaris, terbukti hingga tahun 2010 masih diproduksi ulang dalam bentuk Blu-ray. Berikutnya, Lo Lieh beradu akting dengan Bruce Lee dalam film Fist of Fury II (1979). Dalam film ini, Lo Lieh berperan sebagai Miyamoto, lawan tokoh Chen Shan yang diperankan Bruce Lee. 

Pertengahan tahun 1980-an, Lo Lieh mulai beralih ke peran-peran watak. Ditandai permainanya dalam film Occupant (1984) bersama Chow Yun Fat dan Sally Yeh. Lo Lieh kembali bertemu Jacky Chan dalam film Police Story 3 (1992). Di film ini pula Lo Lieh diadu akting dengan aktris Malaysia, Michelle Yeoh. 

Tak hanya gape berakting, Lo Lieh mampu menjadi art director sekaligus asisten sutradara dalam film Fist of Dragon (1977). Ia mulai menjadi sutradara lewat film Zen Master 6 (1987). Total, ada sekitar 9 film yang disutradarai Lo Lieh sepanjang karirnya. 

Lo Lieh menikah dengan Grace Tang Chia-li (1976). Sayang, pernikahan ini berakhir dengan perceraian. Kembali ke masalah karir, film terakhir yang dibintangi Lo Lieh adalah Glass Tiger (2001). Setahun kemudian, Lo Lieh meninggal dunia tanggal 2 November karena serangan jantung. (MGH - disarikan dari Budaya Tionghoa/Foto: Budaya Tionghoa)

2 komentar:

  1. Maaf, baru muncul untuk mengkoreksi he he he. Film Fist Of Fury 2, atau Chinese Connection 2 adalah sequel dari film Bruce Lee yaitu Fist Of Fury. Tapi Film Fist Of Fury 2 ini diproduksi pada tahun 1979, sedangkan Bruce Lee meninggal pada tahun 1973. Jadi pemerannya adalah salah satu dari imitator Bruce Lee yg kebetulan memakai nama mirip yaitu Bruce Li (Ho Chung-tao) dari Taiwan. Demikian maaf bila tdk berkenan dan tidak sesuai dengan pokok pembicaraan, dlm hal ini mengenai Lo Lieh. CMIIW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banyak koreksinya, Brotha/Sistah! Tidak ada sama sekali yang tidak berkenan, saya malah terimakasih banyak Anda mau berbagi pengetahuan dan mengoreksi saya. Salam hangat!

      Hapus