Selasa, 29 Maret 2011

JOHNY SETIAWAN : PIMPIN TIM ASTRONOM JERMAN TEMUKAN PLANET

     Belum lama berselang, dunia dihebohkan penemuan HIP 13044 b, planet baru seukuran Jupiter oleh tim Max Planck Institute for Astronomy (MPIA) Jerman. Yang membuat kita sebagai bangsa Indonesia turut bangga, tim MPIA dipimpin seorang astronom (tepatnya ahli astrofisika) muda Indonesia, Johny Setiawan. 
     Lahir di Jakarta, 16 Agustus 1974, Meski tinggal nun di Heidelberg, Johny sering pulang ke Indonesia. Tidak sekedar melepas rindu pada tanah kelahiran dan handai taulan, Johny gemar melakukan kegiatan sosial. Itupun tak hanya di Jakarta, tapi hingga pelosok Indonesia. Diantaranya, ia bergiat untuk Yayasan Al-Aziiz di Aceh Besar. Kecintaannya pada Indonesia memang tak diragukan. Meski telah 17 tahun menetap di Jerman dan mendapat tempat terhormat di negeri empu teknologi itu,  Johny tetap warga negara Indonesia.
     Johny meraih sarjana fisika dari universitas Freiburg Jerman. Gelar  S2 di bidang astronomi diraihnya di universitas yang sama, sedangkan gelar doktor di bidang astrofisika dari Kipenheuer Institute for Solar Physics. Selain bahasa Indonesia (pastinya), Johny juga fasih berbahasa Jerman, Inggris, Spanyol, dan Perancis. Hobinya memasak, melukis, olahraga, wisata, dan membuat video dokumentasi, terutama video ilmu pengetahuan dan perjalanan. Soal masak, lebih dari hobi, ia jago memasak. Konon, masakannya boleh diadu dengan koki profesional lho! Hmmm....tipe pria ideal idaman setiap wanita nih! (MGH/Foto:istimewa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar