Sabtu, 07 Juli 2012

KHOIRUL ANWAR : TEMUANNYA DIGUNAKAN PERUSAHAAN JEPANG


Prof. DR. Khoirul Anwar adalah penemu dan pemilik paten teknologi 4G berbasis OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing). Berkat penemuan itu pula Khoirul dianugerahi penghargaan Best Paper untuk kategori Young Scientist dari Institute of Electrical and Electronics  Engineers Vehicular Technology Conference (IEEE VTC 2010) di Taiwan. Sayangnya, penemuan ilmuwan muda Indonesia ini justru digunakan sebuah perusahaan elektronik besar asal Jepang!

Khoirul meraih gelar S3 dari Nara Institute of Science and Technology (NAIST). Ia pindah ke Jepang untuk melanjutkan kuliah setelah lulus S1 Teknik Elektro dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Tahun 2006 saat masih berstatus mahasiswa program S3, Khorul meraih penghargaan internasional pertamanya  di bidang ilmu pengetahuan: IEEE Best Student Paper Award of IEEE Radio and Wireless Symposium (RWS) di California (Amerika Serikat). 

Khoirul lahir di Kediri (Jawa Timur) tanggal 22 Agustus 1978. Sejak baru lulus SD, ia hanya diasuh sang ibu, Sri Patmi, karena ayahnya, Sudjianto meninggal dunia karena sakit. Sang ibulah yang berusaha keras membiayai Khorul kecil dengan bekerja sebagai petani. Berkat kecerdasannya, Khoirul bisa kuliah di ITB dengan beasiswa. Kuliah S2 dan S3-nya di Jepangpun atas beasiswa dari perusahaan Jepang Panasonic. 

Kini, Khorul tinggal di Nomi, Ishikawa (Jepang), bersama istrinya, Sri Yayu Indriyani dan ke-3 putra mereka. Mereka tinggal tak jauh dari kantor Khoirul. Tentu Khorul tak melupakan jasa sang ibu yang hingga kini tetap bertani di Kediri. Paten pertamanya dipersembahkan Khoirul untuk sang ibu.Meski tinggal dan bekerja di Jepang, ilmuwan muda ini bercita-cita kembali ke Indonesia untuk mengamalkan ilmunya, suatu hari nanti.(MGH/Foto:Hendd Lecznaczh PanqeranSorgga)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar