Senin, 02 Juli 2012

M. RIDWAN KAMIL : RUMAH BOTOLNYA RAIH PENGHARGAAN SE-ASIA



Di tangan orang-orang kreatif, sampah bisa sangat bermanfaat. Botol bekas, misalnya. Di tangan arsitek Ridwan Kamil, botol-botol bekas disulap menjadi rumah yang tak hanya nyaman dan artistik, namun juga ramah lingkungan. Rumah Botol, demikian rumah unik itu disebut, bahkan telah mendapat pengakuan internasional dengan diraihnya penghargaan Green Design Award 2009 dari Building Construction Information Asia. Rumah Botol sukses menyisihkan 80 peserta lain dari Malaysia, Singapura, Muangthai, Vietnam, Filipina, Hongkong, dan Cina. Tak hanya sekali itu Ridwan memperoleh penghargaan internasional. Ia telah mengantongi 2 penghargaan lain: International Young Design Entrepreneur of the Year/IYDEY (2006) dan Asia Top 10 Award in Business Building Design for Urbane dari Building Construction Information Asia.

Rumah Botol yang berdiri di kawasan Bandung atas memang unik dan indah. Bangunan yang merupakan rumah pribadi sang arsitek, dibangun dari 30.000 botol bekas. Dari segi biaya memang relatif tak terlalu besar, namun diakui Ridwan perlu waktu lama untuk mengumpulkan puluhan ribu botol bekas. Ayah 2 anak ini  bahkan sampai memesan botol-botol bekas pada semua pemulung yang ditemuinya di seantero Jawa Barat. Bagian dalam rumah makin artistik karena dipadukan dengan karya pelukis Bandung, Ian Mulyana.  


Peraih gelar Master Arsitektur (M. Arch) dari University of California, Berkeley, Amerika Serikat ini sempat bekerja di Edaw San Fransisco (Amerika Serikat) dan Hongkong di awal tahun 2000. Kini, Ridwan mengajar arsitektur di ITB dan menulis berbagai artikel arsitektur. Tentu tak ketinggalan, mengurus Urbane, perusahaan desain dan arsitektur yang didirikannya setelah pulang dari Amerika Serikat. Sebagian besar klien Urbane berasal dari Timur Tengah dan Asia. Baru di akhir pekan ia bisa melewatkan waktu untuk hobinya, menonton film di bioskop, jogging, dan mengendarai Harleynya keliling kawasan pegunungan Bandung Utara. 


Sukses secara idealisme dan finansial, rupanya belum cukup bagi Ridwan. Masih ada impiannya yang belum tercapai: menjadikan Bandung kota kreatif di tingkat internasional. Untuk itu, Ridwan memimpin Bandung Creative City Forum yang beranggotakan puluhan komunitas kreatif se-Bandung.  


Lebih dari sekedar tempat tinggal, bagi Ridwan Rumah Botol adalah impian yang jadi kenyataan. Sejak kecil ia bermimpi memiliki rumah yang dirancang sendiri sesuai kepribadiannya. Dan kini impiannya telah jadi nyata. Pria kelahiran 4 Oktober 1971 ini  mengaku selalu bisa meraih impiannya karena ia berusaha keras. Seperti kutipan dari buku The Secret karya Rhonda Byrne yang diyakininya, "Set your dream. Take action. The universe will take care the rest." Bermimpilah. Berjuanglah. Dan alam semesta akan membantu mewujudkannya. 


Penasaran ingin melihat Rumah Botol sekaligus tempat tinggal Ridwan yang meraih penghargaan se-Asia,  bisa datang ke Jl. Cigadung Raya Barat No.5, Cipaheut, Bandung 40191. (MGH/Foto:Kolekdi Pribadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar