Rabu, 11 Juli 2012

SUHARYO SUMOWIDAGDO : PENELITI HIGGS BOSON (PARTIKEL TUHAN)


Ternyata ada fisikawan Indonesia di balik perburuan Higgs Boson atau partikel Tuhan dalam eksperimen Large Hadron Collider (LHC) yang sedang menjadi perhatian ilmuwan sedunia. Suharyo Sumowidagdo, biasa diakrabi dengan nama Haryo, fisikawan Indonesia yang direkrut dalam penelitian Higgs Boson yang juga sering disebut dengan partikel Tuhan. Disebut demikian, karena penemuan Higgs Boson akan menutup lubang dalam Model Standar Fisika Partikel. Jadi, sama sekali bukan meneliti keberadaan Tuhan seperti dikira sebagian orang selama ini. 

Sekedar informasi, LHC adalah organisasi Eropa yang bergerak dalam penelitian nuklir (CERN). Markas besarnya ada di Jenewa, Swiss. Bulan lalu, perwakilan CERN datang ke Indonesia untuk menjalin kerjasama di bidang ilmu pengetahuan. Kerjasama ini berkat lobby Haryo dan Rahmat, peneliti Indonesia lain yang juga bekerja di CERN. 

Sedikit tentang Haryo, lahir di Singaraja (Bali) tahun 1976 dari ayah yang PNS dan ibu yang total berperan di rumah. Keluarga Haryo pindah ke Jakarta saat Haryo belum sekolah. Haryo menamatkan S1 dan S2 di jurusan fisika Universitas Indonesia (UI), kemudian lanjut mempelajari fisika partikel di Florida State University (Amerika Serikat) hingga meraih gelar Doktor. Di luar kegiatannya sebagai peneliti, Haryo bersama beberapa ilmuwan dan mahasiswa Indonesia membangun server pusat data ilmu pengetahuan Indonesia yang diberi nama ARSIP. Haryo juga menjadi moderator aktif dalam salah satu forum bagi para  fisikawan dan peminat fisika di Indonesia. Haryo mengakui, belum banyak ilmuwan Indonesia menekuni fisika energi tinggi. Selain Haryo, hanya ada 4 ilmuwan lain pada bidang tersebut, saat ini. Ilmuwan muda ini punya motto 'jer basuki mawa beya', motto lama  berbahasa Jawa yang artinya tiada  kemuliaan tanpa pengorbanan. 


Haryo bisa dihubungi lewat email: Suharyo.Sumowidagdo@cern.ch  atau haryo@fnal.gov Ingin bicara langsung, bisa telefon ke   +41-22-76-79913 (MGH/Foto: Koleksi Pribadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar