Selasa, 17 Juli 2012

RICKY YANG : PEBILYAR PERINGKAT 5 DUNIA


Atlet bilyar ini berhasil mempersembahkan medali emas dalam SEA Games Palembang (2011) lalu. Waktu itu, Ricky mengatakan, kemenangannya dipersembahkan untuk seluruh bangsa Indonesia dan Mayjen (Purn) Putra Astaman, mantan ketua PB POBSI (Pengurus Besar Persatuan Olahraga Bilyar Seluruh Indonesia). Menurut Ricky, Putra Astamanlah yang banyak memberinya kesempatan hingga bisa menjadi pebilyar kelas dunia seperti sekarang.


Ricky meraih medali emas SEA Games pertama di Muangthai (2007).  Kesempatan kedua mewakili Indonesia di SEA Games, Laos, Ricky mempersembahkan medali perunggu (2009). Tak hanya itu, pebilyar bergelar  'Piranha' ini juga sudah sering menjuarai berbagai turnamen bilyar. Sebut saja diantaranya,  Philippine Open Pool Championship (2009) dan juara 2 Asian 9Ball Tour leg Jakarta (2006). Iapun telah 2 kali menjadi pemenang ke-2 kejuaraan bilyar sedunia. 


Ricky lahir di Labuhan Ratu (Sumatera Utara) tanggal 11 Juli 1972 dengan nama Yang Han Tjong. Saat ini Ricky menduduki peringkat 5 dunia. Di luar kesibukannya sebagai atlet, Ricky berbisnis rumah bilyar yang didirikannya di Batam. Toh sampai sekarang Ricky mengaku belum mampu membeli rumah sendiri alias masih mengontrak.(MGH/Foto: Kolekdi Pribadi)

1 komentar: