Sabtu, 14 Juli 2012

RINI SUGIARTO : ANIMATOR TIN TIN & THE AVENGERS


Kalau Sahabat termasuk penggemar film animasi super laris Hollywood The Adventure of Tin Tin dan The Avengers, berbanggalah karena salah seorang animator kedua film keren itu adalah seorang putri Indonesia, Rini Sugiarto. Dalam film The Adventure of Tin Tin arahan Steven Spielberg, Rini bahkan dipercaya menggarap 70 shot, terbanyak dari semua animator yang terlibat. Membanggakan, apalagi film ini meraih Golden Globe untuk kategori film animasi terbaik (2012). Rini bekerja di WETA Digital  milik sutradara senior Peter Jackson yang bermarkas di Wellington (Selandia Baru). menurut Rini, ada cukup banyak orang Indonesia yang bekerja di WETA Digital. Sebelumnya, Rini bekerja di Blur Studio, perusahaan kreatif yang mengerjakan games komputer.

Rini menimba ilmu seni komputer dan animasi 3D di University of Arts San Fransisco (Amerika Serikat). Sebelumnya ia belajar arsitektur di Universitas Parahyangan angkatan 1997. Seperti yang dialami kebanyakan seniman dan pekerja kreatif Indonesia, Rinipun menghadapi kendala dari keluarganya waktu akan menekuni profesi sebagai animator. Namun Rini tetap teguh pada hatinya meski harus menghadapi tekanan keluarganya. Melihat kesungguhan Rini, orantuanyapun akhirnya luluh. Terbukti, kesuksesan internasional kini telah diraih Rini. 


Sekarang Rini tinggal di Wellington bersama anjing kesayangannya. Si anjing inilah yang senang menemani Rini bermain kalau sedang tidak bekerja (eh, kebalik ya hehehe...). Kalau Sahabat naksir wanita cerdas ini, silakan kecewa aja karena Rini sudah mempunyai kekasih hati yang nama dan identitasnya dirahasiakan. 

Untuk para animator Indonesia yang ingin bekerja di perusahaan internasional, Rini menyarankan agar terlebih dahulu mempelajari karakter perusahaan yang ingin dilamar. Pelan-pelan, peluang pasti akan datang.(MGH/Foto:mradiofm.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar