Jumat, 20 Juli 2012

ARYO WICAKSONO : MENDUNIA LEWAT MUSIK KLASIK



Penggemar musik klasik pasti kenal musisi yang tinggal di Manhattan, New York City (Amerika Serikat) ini. Komposer, music director, dan pianis ini tak hanya populer, namun juga telah diakui kepiawaiannya di kalangan musisi dunia. Terbukti Aryo telah dianugerahi berbagai penghargaan internasional di bidang musik.Konser?  Tak terhitung lagi berapa kali Aryo telah menggelar konser di mancanegara. Mulai Amerika Serikat, Kanada, Spanyol, Mexiko, Rusia, hingga Uni Emirat Arab. Iapun pernah menjadi dosen tamu di American University of Sharjah di Dubai (2009). Aryo juga banyak mengisi musik film dan pagelaran balet  Amerika, Mexiko, dan Jepang. 


Sementara popularitasnya terbukti dengan cukup seringnya profil Aryo diliput berbagai media cetak maupun elektronik Amerika dan Eropa. Bahkan salah satu media Amerika Serikat yang menganugerahinya penghargaan, the Arizona Daily Star menyebut Aryo sebagai "a pianist with technical prowess, balletic grace, warm tones, and unwavering devotion to the score". 


Meski berjaya di negeri orang, Aryo tidak pernah melupakan Indonesia. Tak hanya sering mengunjungi Indonesia, master musik dari  University of Arizona ini sering terlibat konser amal untuk Indonesia. Ia bahkan menggandeng 2 musisi internasional, Kathryn Mueller dan Nathan Krueger membentuk trio Swara Sonora yang membawakan karya-karya pianis senior Indonesia, Ananda Sukarlan.  Selain tampil dalam banyak konser amal untuk Indonesia, trio ini telah mengunjungi beberapa kota besar Indonesia untuk menularkan ilmu mereka pada musisi-musisi muda kita. 


Sekarang Aryo bekerja untuk NYU Tisch School of the Arts dan 92nd Street Y Harkness School, keduanya di New York City (Amerika Serikat). Beberapa hari lalu ia bahkan baru saja tampil dalam konser amal di Hotel Shangri-La Surabaya. Selain bermusik, Aryo juga senang bersepeda, jalan-jalan di gunung,  lari, atau tinggal di rumahnya: membaca, mendengarkan musik, memasak, dan...tidur! Pria rendah hati ini punya motto: only a life lived for others is a life worthwhile. Cocok sekali kan dengan hidup yang dijalani Aryo. Oh ya, Aryo lahir tanggal 30 Juli. 

Karir cemerlang Aryo bisa disimak di 2 situs resminya: www.aryo-wicaksono.com atau www.swarasonora.com  Ingin kontak secara pribadi bisa lewat AIM: pianorach03 atau Skype: rachmaninov_arw  email: awicaksono7760@msn.com atau aryow@email.arizona.edu  

Penghargaan:
- Best of Awards untuk kategori Best Musical dari Tucson Weekly di Tucson (Amerika Serikat, 2007)
- Best of Awards untuk kategori Best Musical dari Tucson Weekly di Tucson (Amerika Serikat, 2006)
- Mac Award untuk kategori Best Musical dari Arizona Daily Star di Tucson (Amerika Serikat, 2006) 
(MGH/Foto:Spencer Myer)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar