Rabu, 25 Juli 2012

LILIES HANDAYANI : SRIKANDI OLIMPIADE SEOUL

Inilah salah satu dari 3 srikandi Indonesia di Olimpiade Seoul (1988). Bersama Kusuma Wardhani dan Nurfitriyana Lilies berhasil mempersembahkan medali perak panahan beregu putri di ajang olahraga terbesar sejagad.  Jauh setelah era itu berlalu, Lilies masih mampu merebut medali emas nomor compound pada Asian Archery Grandprix ke-3 di Ispahan (Iran, 2007).

Lilies lahir  di Surabaya, 15 April 1969. Beruntung, putri pasangan Yahya Buari daan Subadiyah ini dilahirkan di tengah keluarga pecinta olahraga yang amat mendukung karirnya sebagai atlet. Lebih beruntung, atlet yang dikenal tomboy di masa remajanya ini menikah dengan Denny Trisyanto, rekan seperguruannya di perguruan silat Perisai Diri. Selain panahan, Lilies memang menekuni bela diri pencak silat.Di bidang akademik, Lilies berhasil meraih gelar Sarjana Hukum dari Universitas Airlangga, Surabaya. Setelah tak lagi aktif menjadi atlet, Lilies dan suaminya bekerjasama dengan Dinas Pendidikan mendirikan Surabaya Archery School (SAS), sekolah memanah untuk menjaring bibit-bibit atlet panahan muda sejak usia anak. Hebatnya, SAS tidak menarik iuran dari para siswanya alias gratis! Meskipun fasilitasnyapun seadanya, berlatih menumpang di Lapangan KONI di  Kertajaya Indah, Surabaya. 

Pasangan Lilies-Denny dikaruniai 3 anak: Dellie Threesyadinda, Irvaldi Ananda Putra, dan Della Adisty Handayani. Hebatnya ketiganya mengikuti jejak sang ibu, menjadi atlet panahan. Si sulung Dellie bahkan telah menunjukkan prestasi mengesankan di tingkat nasional. (MGH/Foto:www.satlakprima.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar