Minggu, 14 April 2013

DONALD PANDIANGAN : DI BALIK MEDALI OLIMPIADE PERTAMA RI


Robin Hood Indonesia, demikian media Tanah Air menggelari mantan atlet dan pelatih panahan ini. Ialah tokoh di balik kesuksesan trio Srikandi Lilies Handayani, Nurfitriyana, dan Kusuma Wardhani merebut medali Olimpiade pertama Indonesia di Seoul (1988). Donaldlah yang menempa ketiga putri Indonesia hingga berhasil mencapai prestasi gemilang di Olimpiade. Sebagai atlet panahan, Donald telah membela Indonesia di Olimpiade Montreal (1976)   dan berhasil masuk 16 besar. Hebatnya, saaat menjadi atlet Donald menyusun sendiri program latihannya. 

Lahir dengan nama Donald Djatunas Pandiangan di Sidikalang (Sumatera Utara) pada tanggal 12 Desember 1945. dari pernikahannya dengan Paula Saune, Donald dikaruniai 4 orang anak. Dikenal sebagai pribadi yang berdisiplin tinggi dan keras, wataknya ini membuat Donald dicap sebagai pelatih kontroversial. Pasalnya, ucapannya yang terkesan keras sering disalahtafsirkan orang yang tak terlalu mengenal Donald. Terlepas dari kontroversinya, dedikasi Donald pada olahraga panahan Indonesia tak diragukan lagi. Hingga menjelang akhir hayatnya, Donald Pandiangan terus bergiat melatih panahan. 

Tokoh panahan Indonesia ini tutup usia di tahun 2008 akibat penyakit stroke. Donald menghembuskan nafas terakhir di RS MH Thamrin Jakarta Pusat dan dimakamkan di TPU Pondok Rangon, Jakarta Timur. (MGH/Foto: Antara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar