Kamis, 04 April 2013

CHRIS LESMANA : PERANCANG MOBIL TERBAIK DI DUNIA


Satu lagi putra Indonesia yang dipercaya menjadi perancang mobil kelas dunia. Chris Lesmana, kelahiran Bandung, adalah perancang mobil Jerman Volkswagen atau lebih dikenal dengan nama singkatan VW.

Salah satu mobil yang dirancang Chris, VW Up! yang berkonsep mobil perkotaan. Hebatnya,  VW Up! dinobatkan sebagai World Car of The Year 2012 dalam New York Auto Show 2012, mengungguli 2 nominator lain: BMW 3-series dan Porsche 911. VW Up! dipasarkan dalam 2 rancangan: 3 dan 5 pintu. Sayangnya, mobil handal ini justru belum bisa masuk ke Indonesia karena kendala bahan bakar. VW Up! menggunakan bahan bakar ramah lingkungan standar Euro 5 yang belum ada di Indonesia. 

Rancangan Chris lainnya, VW New Beetle juga mendapat pujian dari pihak Volkswagen. Bos Volkswagen Group, Martin Winterkorn sendiri yang memilih sketsa karya Chris Lesmana dari beberapa sketsa karya para perancang mobil lainnya. Hebatnya, sketsa Chris dipakai hampir tanpa perubahan apapun. Frank Bruse, perancang eksterior VW mengatakan pada Autoweek, rancangan Chris sudah sangat bagus hingga hampir tidak ada perubahan lagi dalam realisasinya. Berbeda dengan VW Up!, VW New Beetle dirancang sebagai mobil untuk kaum wanita. Karena tuntutan pekerjaan, Chris kini bermukim di Jerman. (MGH/Foto: Jo Fischer)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar