Selasa, 25 September 2012

WILLIAM WONGSO : MAESTRO KULINER INDONESIA


Penggemar kuliner Indonesia pasti tak asing dengan tokoh satu ini, William Wongso. Tak hanya namanya yang lekat dengan kuliner premium,  sosoknyapun sering muncul di televisi dalam program-program yang membahas kuliner khas Indonesia. Padahal ia lulusan berbagai sekolah dan pelatihan profesional kuliner di beberapa negara, mulai Swiss, Belanda, Italia Jerman, Perancis, Amerika Serikat, hingga Jepang. Ia menguasai makanan berbagai negara, mulai es krim, coklat, aneka roti, anggur, pastry, hingga yakiniku.  Toh ia juga sangat menguasai berbagai kuliner Indonesia. Pakar kuliner ini mengaku belajar banyak dari ibu-ibu rumah tangga sederhana dan para pedagang di pasar tradisional. Di bidang kuliner Indonesia, bisa dibilang William Wongsolah maestronya. 

Karir internasionalnya di bidang kuliner telah dimulai puluhan tahun lalu, saat bekerja sebagai peneliti di Baking Programme, East Sydney Technical College, Australia (1978). Iapun sempat bekerja selama 9 tahun di Quintessance Restaurant, termasuk membuka William Restaurant. Kepakarannya dalam kuliner Indonesia juga telah diakui secara internasional, terbukti Beliaulah satu-satunya yang diundang untuk mewakili Indonesia dalam World of Flavors International Conference and Festival di Napa, Amerika Serikat (2009). Tak main-main, ajang itu dihadiri 80 ahli masak dari seluruh dunia. Kini di usia yang tak lagi terbilang muda, William tetap aktif sebagai penasihat maskapai nasional Garuda dan masih berkeliling dunia mempromosikan kuliner Indonesia. Tak hanya memperkenalkan makanan Indonesia pada Oom William selalu memberi semacam pembekalan tentang kuliner Indonesia pada para diplomat kita yang akan bertugas ke luar negeri. Tujuannya, agar mereka juga menyebarkan informasi tentang kuliner Indonesia di negara tempat bertugas. Untuk menaikkan gengsi makanan Indonesia di negeri sendiri, Oom William membuka jaringan restoran makanan Indonesia berkonsep fine dining di bawah bendera Flavours of W.

Meski sudah menyandang reputasi internasional sebagai ahli kuliner, Oom William masih belum puas. Beliau prihatin dengan langkanya chef makanan Indonesia meskipun profesi chef makin diminati. Menurut Oom William, meski makin banyak anak muda Indonesia yang tertarik menjadi chef, namun kebanyakan menggeluti makanan asing karena dianggap lebih bergengsi. Ini diperparah dengan tidak adanya institusi pendidikan kuliner Indonesia yang representatif.  Lebih parah lagi,  Padahal potensi kuliner Indonesia sangatlah besar, bahkan menurut Oom William ragam makanan Indonesia merupakan yang terbanyak di dunia! 

William Wirjaatmadja Wongso lahir di Surabaya, 12 April 1947 dan menikah dengan Lusiana Rahardjo yang juga ahli kuliner. Pasangan ini dikaruniai seorang puteri, Tia.   Oom William bisa dihubungi via twitter @williamwongso. Websitenya: williamwongso.com

Penghargaan Internasional:
- Chevalier Dans L'Ordre Du Merite Agricole dari Kementerian Pertanian Perancis (2001)
-  Duta Pariwisata Indonesia untuk Korea pilihan Korean Tourism Board (2009)
- South East Asia Wine Pioneer Recognition Award dari Wine for Asia (2011)
(MGH/Foto: Koleksi Pribadi)

2 komentar:

  1. Agen s128 adalah situs sabung ayam online sebagai salah satu penyedia jasa
    sabung ayam online di indonesia.

    BalasHapus

  2. https://pemainayam.net/fakta-penyebab-ayam-bangkok-selalu-takut-dengan-ayam-kampung
    Fakta Penyebab Ayam Bangkok Selalu Takut Dengan Ayam Kampung, Ayam Bangkok merupakan salah satu ayam petarung yang paling banyak ditakuti oleh beberapa penggemar adu ayam di indonesia dan internasional.
    WA : 0812-2222-995
    Line: cs_bolavita

    BalasHapus