Sabtu, 29 September 2012

WAYANG AJEN MENANG DI FESTIVAL INTERNASIONAL


Kabar gembira kembali dibawa insan seni Indonesia dari tingkat internasional. Kelompok seni Wayang Ajen asal Bekasi (Jawa Barat) sukses membawa pulang 2 medali emas dari ajang The 3rd International Marionette Festival di Vietnam, awal September ini. Menyajikan lakon 'Rahwana Gugur', Wayang Ajen meraih penghargaan tertinggi untuk kategori pertunjukan dan dalang terbaik atas nama Wawan Gunawan yang juga pimpinan Wayang Ajen. Sekedar informasi, International Marionette Festival adalah festival dwi tahunan untuk wayang dan boneka sedunia. Tahun ini, pesertanya berjumlah 16 kelompok seni dari 11 negara. 

Berbeda dengan kebanyakan kelompok wayang lain, Wayang Ajen memadukan wayang golek, wayang kulit, wayang serat kaca, tari, dan komposisi musik sekaligus. Tak jarang mereka memasukkan aspek teknologi dengan menggunakan multimedia dalam poementasannya. Ini masih ditambah dengan tata artistik panggung, keserasian tata cahaya, dan harmonisasi kostum. Inilah yang membuat Wayang Ajen dianggap membawa pembaruan bagi perkembangan pertunjukan wayang dan boneka dunia hingga meraih 2  dari 8  medali emas yang diperebutkan di Vietnam. Hebatnya, untuk meraih prestasi internasional tersebut, Wayang Ajen hanya diperkuat 6 personil yang terdiri dari dalang, penari, pemusik, dan penata wayang.

Tapi, bukan sekali ini saja Wayang Ajen mengukir prestasi kelas dunia. Berikut penghargaan internasional yang telah mereka capai:
- Penyaji terbaik pada World Mundial Folkloriques Festival, Palma de  Mallorca (Spanyol, 2001)
- Penyaji terbaik pada The Asia Europe Puppet Festival, Bangkok (2002)
- Piagam penghargaan dari Festival Wayang Dunia II, Siprus (2008)
- Medali emas kategori dalang terbaik pada The 1st International Marionette Festival, Vietnam (2008)
- Medali emas kategori lakon terbaik pada The 1st International Marionette Festival, Vietnam (2008)
- Medali emas kategori komposer terbaik pada The 1st International Marionette Festival, Vietnam (2008)
- Medali emas kategori dalang terbaik pada The 3rd International Marionette Festival, Vietnam (2012)
- Medali emas kategori pertunjukan terbaik pada The 3rd International Marionette Festival, Vietnam (2012)
(MGH/Kilkis Festival)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar