Jumat, 01 Februari 2013

NANDA TELAMBANUA : 10 REKOR DUNIA + 7 KALI JUARA DUNIA ANGKAT BESI


Satu lagi putra Indonesia yang mencetak prestasi kelas dunia lewat olahraga angkat besi. Nanda Telambanua meraih gelar Juara Dunia Yunior dalam kejuaraan di Perth, Australia (1984). Itulah gelar juara dunia pertama yang diraihnya. Setelahnya, Nanda berkali-kali membukukan rekor dunia serta gelar juara berbagai kejuaraan angkat besi. 12 tahun setelah Nanda meraih gelar juara dunia yunior pertamanya, atlet kebanggaan Indonesia ini berhasil mencapai gelar Juara Dunia (1996). Sepanjang karirnya, pria asal Padang ini  telah 10 kali memecahkan rekor dunia dan 7 kali menjadi juara dunia angkat besi! Sangat luar biasa!

Nanda merupakan 'alumni' klub angkat besi Hasta Yudha, Padang. Yang menyedihkan, setelah mundur sebagai atlet, nasibnya sempat terpuruk karena tidak mendapatkan pekerjaan yang layak. Nanda bahkan sempat bekerja sebagai kuli angkut di Pasar Tanah Kongsi. Padahal semasa Nanda masih aktif menjadi atlet, Pemerintah Daerah Padang berjanji memberinya pekerjaan  bila sudah tidak menjadi atlet lagi. Setelah 10 tahun terkatung-katung, nasib Nanda akhirnya membaik setelah Gubernur Sumatera barat saat itu, Azwar Anas, memberinya pekerjaan di PT Semen Padang (2003). Kini, selain bekerja, Nanda aktif melatih di Pusat pelatihan Angkat Berat PT Semen Padang. Untuk yang terakhir ini ia tak meminta bayaran karena menganggapnya sebagai hobi. Tak sedikit atlet-atlet binaan Nanda yang mencetak prestasi internasional. Salah satunya, Mella Eka Rahayu, atlet angkat besi putri yang telah 2 kali menjadi juara Asia.(MGH/Foto: SCTV)

1 komentar:

  1. Sewaktu masih kecil,Nanda adalah tetangga kami di jalan Kampung Nias I no, 14 A- Padang Sudah mengangap kami sebagai orang tuanya. Ikut bangga dan bersyukur ,Nanda jadi juara dunia .

    BalasHapus